Aksi Anggota Paskibraka Berjoget hingga Nungging di Bawah Tiang Bendera

Headline
Paskibraka Cabangbungin, Bekasi, Jawa Barat asyik berjoget dibawah tiang bendera. (Foto: Tangkapan layar)

Pantau – Video viral beredar yang memperlihatkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Cabangbungin, Bekasi, Jawa Barat asyik berjoget hingga nungging-nungging di bawah tiang bendera.

Masih belum ditemukan informasi apakah peristiwa tersebut dilakukan usai upacara bendera HUT RI hari ini, Rabu (17/8/2022).

Dalam aturan pengibaran bendera merah putih, yang tertuang dalam pasal 66 berbunyi:

Setiap orang yang merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf a, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Namun dalam keterangan video menyebut peristiwa itu terjadi saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI masih berlangsung.

“Aksi berjoget pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan kemerdekaan RI di Lapangan Kecamatan Cabangbungin dinilai tidak pantas oleh warganet.”

“Tidak diketahui pasti saat momen susunan acara apa aksi tersebut dilakukan. Namun terlihat beberapa anggota paskibra berjoget di depan tiang bendera di tengah lapangan, diduga upacara masih belum selesai dikarenakan masih terlihat pasukan peserta upacara masih berbaris di lapangan,” bunyi narasi video yang pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @NamaKu_mei.

Sontak video itupun viral dan dibagikan ulang di media sosial lainnya.

Dalam unggahan yang dilihat Indozone di akun Instagram @lambe_turah, memang tampak sejumlah anggota Paskibra sedang asyik berjoget.

Para remaja itu terlihat menggerakkan tubuhnya sesuai irama musik. Mereka tampak mengangguk-anggukan dan menggeleng-gelengkan kepalanya.

Bahkan ada juga yang sampai menaikkan kakinya ke atas pundak temannya saking nikmatnya berjoget mengikuti musik.

Mirisnya, aksi tersebut dilakukan tepat di bawah tiang bendera. Di mana sang Merah Putih sedang berkibar dengan megahnya.

Alhasil warganet yang menyaksikan video itu pun langsung memberikan komentar pedas. Mereka menilai aksi tersebut tidak pantas dilakukan dan mencoreng HUT Kemerdekaan RI kali ini.

“GAK WARAS,” kata @kitabonek.
“Kena tuntutan ga nih?,” kata @mhmmdrmdhoni_.
“Mirissss,” sambung @ammellialia.

“Rusak,” kata @idontkn0w.why.
“Apakah besok minta maap?” timpal @ica_cntx.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni