Pantau Flash
Jokowi Gratiskan Listrik 24 Juta Rumah Selama Tiga Bulan
Update Korona 31 Maret: 1.528 Positif, Sembuh 81 dan Meninggal 136
KPK Perpanjang Penundaan Kunjungan Bagi Penghuni Rutan
Total 84 Pasien COVID-19 Meninggal Dunia di DKI Jakarta
Kabar Duka, Bob Hasan Meninggal Dunia

Aksi Demo di Sejumlah Kota, Polisi Khawatir Adanya Penyusup

Aksi Demo di Sejumlah Kota, Polisi Khawatir Adanya Penyusup Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Pantau.com - Sejumlah aksi demonstrasi yang dilakukan elemen mahasiswa di beberapa kota untuk menolak atau memprotes RUU KUHP dan RUU KPK, menyedot perhatian publik.

Namun, dalam aksi penyampaian aspirasi itu ditakutkan akan disusupi oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab dan hanya akan membuat aksi itu berujung kerusuhan.

"Khawatirnya, momentum demo yang harusnya damai dimanfaatkan pihak tertentu yang menghendaki demo itu berakhir tidak damai tapi demo itu berakhir rusuh," ucap Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: Iringi Mahasiswa Gelar Aksi, Hashtag #TurunkanJokowi Trending di Twitter

Untuk mencegah adanya penyusupan pada massa demonstrasi, Dedi menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan koordinator lapangan. Sebab dengan adanya komunikasi itu dapat melihat orang yang mencurigakan dan langsung ditindak.

"Jika melihat adanya orang tidak dikenal, bukan dari rombongannya tapi ada di kerumunan, segera laporkan ke polisi," kata Dedi.

Baca juga: Video Ribuan Mahasiswa Duduki Gedung DPRD Kota Tasikmalaya

Selain itu, Dedi juga meminta agar massa aksi untuk selalu waspada dengan adanya penyusup. Sebab, atribut-atribut mahasiswa sangat mudah untuk diperoleh dan disalahgunakan

"Dan sangat diwaspadai, mereka juga harus waspadai penyusup yang masuk ke dalam kelompok mereka, karena atribut mahasiswa bisa didapat mudah oleh siapa saja, ini yang kita khawatirkan," pungkas Dedi.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: