Pantau Flash
Dilarikan ke Puskesmas! Puluhan Warga Alami Luka Bakar Akibat Awan Panas Gunung Semeru
Jembatan Penghubung Lumajang-Malang Putus Diterjang Lahar Dingin Gunung Semeru!
Polri Sosialisasikan Pengangkatan 57 Eks Pegawai KPK Pekan Depan
Gunung Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Perintahkan Segera Evakuasi Warga
Gunung Semeru Erupsi, Warga Diperingatkan untuk Selamatkan Diri

Anies Bilang Jika Guru Mengajar dengan Hati dan Menginspirasi, Maka Tak Ada Teknologi yang Menggantikan

Headline
Anies Bilang Jika Guru Mengajar dengan Hati dan Menginspirasi, Maka Tak Ada Teknologi yang Menggantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada peringatan Hari Guru Nasional di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamis (25/11/2021). (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pantau.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan guru memiliki peran penting dalam sistem pendidikan di Tanah Air yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.

"Jika guru mengajar dengan hati dan menginspirasi, maka tak ada teknologi yang menggantikan dan Insya Allah itu adalah guru di Jakarta," kata Anies Baswedan pada peringatan Hari Guru Nasional di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Namun, Anies juga mengingatkan guru bisa digantikan teknologi jika memiliki kinerja kaku dan orang yang sama.

Baca juga: Ketua DPR Puan Maharani Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

Selain menjadi pengajar yang menginspirasi bagi murid, guru juga perlu menciptakan ekosistem sekolah yang menantang dan juga menyenangkan.

"Sebuah sekolah yang baik itu diukur dari muridnya. Apabila murid ingin balik menerima pembelajaran di sekolah, maka sekolah itu menyenangkan, tapi apabila murid berat hati saat bersekolah, maka sekolah jadi masalah dan ini jangan terjadi di Jakarta," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana menjelaskan tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah "Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan".

Namun, pihaknya melakukan penyelarasan, sehingga tema peringatan Hari Guru di DKI Jakarta adalah "Mendidik dengan Hati, Membangun Negeri, Tak Tergantikan Teknologi".

Peran guru, lanjut dia, juga mengalami tantangan terutama selama hampir dua tahun mengurangi tatap muka langsung dengan anak didik akibat pandemi COVID-19.

"Ini merupakan bagian dari semangat kami bahwa peran guru bersatu tanpa melihat latar belakang untuk memberikan layanan pendidikan secara total dan menyeluruh," tutur Nahdiana.


Tim Pantau
Editor
Adryan N
Penulis
Adryan N

Berita Terkait: