Apa yang Dilakukan Tim Forensik Usai Autopsi Dilakukan? Ini Jawabannya

Headline
Autopsi ulang jenazah Brigadir J. (Tangkapan layar)Autopsi ulang jenazah Brigadir J. (Tangkapan layar)

Pantau – Jika tim dokter forensik usai melakukan autopsi, mereka membutuhkan waktu hingga bisa memberikan kesimpulan. Tim akan melakukan analisis temuan dikaitkan dengan hasil laboratorium.

“Kita perlu pemeriksaan panjang sehingga kita membutuhkan waktu melakukan analisis,” kata Ahli Forensik Universitas Airlangga, Ahmad Yudianto dalam sebuah Talkshow di TV Swasta Nasional, Senin (1/8/2022).

Proses pemeriksaan ini bisa memakan waktu hingga hitungan bulan. Terlebih jika sampel yang diautopsi telah mengalami pembusukan.

“Diperlukan ketelitian dalam pemeriksaanya,” ujar Ahmad.

Di sisi lain, ada kecenderungan tidak sabar di tengah masyarakat dalam memberikan kesimpulan sendiri terkait beragam kasus, termasuk autopsi. Padahal tim masih bekerja melakukan analisis dan belum menghasilkan kesimpulan apapun.

Praktisi Komunikasi Devie Rahmawati ikut menyoroti fenomena itu. Ia berharap tokoh di berbagai tingkat dan kalangan yang memiliki banyak pengikut bisa memberikan teladan.

“Ketika mereka bergerak bersama dalam semua kasus, tidak dengan segera mengambil jalan pintas dengan mengeluarkan opini yang serampangan, mudah-mudahan ini membantu masyarakat kita untuk lebih bijak dalam hal menyikapi berbagai kasus,” ujar Devie.

Devie berharap semua pihak harus menunggu kesimpulan atau penjelasan dari para ahli. Devie menegaskan hanya soal waktu di era media sosial ini, bagi siapapun akan menjadi orang yang difitnah dan lain-lain.

 

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi