Pantau Flash
Aljazair Umumkan Kasus Virus Korona Pertama di Negaranya
Hasil Liga Champion Semalam: Bayern Berpesta, Barca Tertahan
Tok! PT LIB Tak Izinkan Klub Disponsori Situs Judi hingga Rokok
Wakil Menkes Iran Iraj Harirchi Dinyatakan Positif Korona
Demi Bantu Jiwasraya, Erick Thohir: Masih Proses Diskusi

Asyik, Naik Transjakarta ke Ragunan Gratis

Asyik, Naik Transjakarta ke Ragunan Gratis Bus Zhong Tong yang beroperasi di koridor 1 jurusan Blok M- Kota melintasi Halte Bundaran HI, Jumat (18/10/2019). (Foto: Antara/Livia Kristianti)

Pantau.com - Pemerintah DKI Jakarta melalui PT Transportasi Jakarta memberikan layanan khusus bagi warga yang ingin mengisi liburan Natal dan Tahun Baru 2020 ke Kebun Binatang Ragunan, yakni menyediakan layanan bus Transjakarta gratis.

"Kami siapkan rute khusus tidak berbayar ke Ragunan agar dapat membantu layanan transportasi lebih mudah, terjangkau dan tidak menimbulkan kemacetan bagi warga lain yang hendak melintas di sekitar tempat rekreasi tersebut," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo.

Baca Juga: Isi Libur Natal dan Tahun Baru, Mampir Yuk ke 'Monas Weeks'

Nadia mengatakan, Ragunan termasuk tempat favorit yang ramai dikunjungi saat liburan hari besar seperti Natal dan tahun baru. Untuk mengurangi kemacetan pada masa libur Natal dan tahun baru, Transjakarta mengajak warga meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan berlibur menggunakan transportasi publik.

Layanan khusus bus tak berbayar tujuan Ragunan disediakan Metrotrans rute GR 3-SMK 57. Metrotrans rute GR3 dari titik awal halte SMK 57 Warung Jati Barat menuju Taman Margasatwa Ragunan dan sebaliknya dengan interval setiap 15 menit sekali.

Selain ke Ragunan, Transjakarta juga menyediakan rute terintegrasi TJ-MRT untuk mendukung liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

Untuk layanan ini, Transjakarta menyiapkan tiga unit Shuttle Metrotrans yang akan melayani selama 10 hari. Bus tersebut dioperasikan mulai Selasa 24 Desember 2019 sampai Jumat 2 Januari 2020. Bus ini dioperasikan pada pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Menurut Nadia, rute ini disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan pengguna kendaraan pribadi yang menuju ke tempat wisata tersebut,

"Biasanya Ragunan pada musim liburan penuh dengan kendaraan pribadi sehingga kepadatan kendaraan tak jarang menimbulkan kemacetan," katanya.

Selain shuttle, Transjakarta juga tetap mengoperasikan rute pendukung yang menuju Ragunan antara lain 13D Puribeta-Ragunan, 4H Pulogadung-Ragunan, 6F Manggarai-Ragunan, dan 6R Ragunan-MRT Fatmawati.

"Untuk empat rute pendukung ini berbayar seperti biasa, beroperasi mulai pukul 05.00 sampai dengan 22.00 WIB," katanya.

Baca Juga: Tahun Ini Penumpang Arus Balik Libur Natal di Bandara Soetta Diprediksi Berkurang

Nadia mengimbau warga yang berlibur di Jakarta, mengajak keluarga merasakan integrasi antarmoda dan dapat meninggalkan kendaraan di areal parkir sekitar Bundaran HI lalu menggunakan MRT hingga Stasiun Fatmawati. Lalu lanjut dengan Transjakarta rute 6R Ragunan-MRT Fatmawati.

Ia mengatakan masa liburan sekolah tahun ini warga dapat memulai meninggalkan kendaraan pribadi di rumah dan beralih menggunakan transportasi integrasi antarmoda yang tersedia di Jakarta.

Layanan ini memungkinkan anak dan orang tua merasakan kebersamaan mengelilingi Jakarta dengan tarif yang relatif terjangkau tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi.

Saat liburan hari besar nasional Transjakarta sebagai Transportasi andalan warga DKI dan sekitarnya berupaya untuk memberikan fasilitas tambahan guna melayani dan mendukung Program Pemprov DKI membantu mengurangi polusi dan kemacetan melalui budaya naik transportasi umum dalam berbagai aktifitas.

"Termasuk ke tempat liburan akhir tahun bersama keluarga," kata Nadia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra
Category
Nasional

Berita Terkait: