Atap Formula E Rubuh, Pertandingan Tetap Lanjut jika Tidak Merugi

Headline
Anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. (Foto: Antara)

Pantau.com – Anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan perhelatan balap Formula E yang digelar Pemprov DKI Jakarta harus tetap berkelanjutan. Gembong menilai jika tidak diteruskan Pemprov DKI Jakarta akan merugi.

Menurutnya, ajang balap mobil listrik ini sekaligus upaya mendukung kampanye terhadap isu ramah lingkungan.

“Yang paling penting penyelenggara harus berkelanjutan, kalau tidak berkelanjutan rugi kita. Kalau tidak berkelanjutan berarti kampanye ini tidak sampai,” kata Gembong dalam diskusi daring membahas Formula E Jakarta dan Momentum Transisi Energi, Sabtu (28/5/2022).

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI ini menilai perhelatan yang menelan angka fantastis ini sudah sepatutnya memberikan dampak positif.

Terlebih penyelenggaraan Formula E sudah menjadi konsensus agar masyarakat beralih dari energi fossil.

“Supaya cost yang dikeluarkan juga tidak mubazir maka perlu berkelanjutan,” ujarnya.

Gembong menambahkan Fraksi PDIP di DPRD DKI tidak pernah berniat menghambat pelaksanaan Formula E.

Pekerja saat beraktifitas didalam proyek pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (17/5/2022). Pembangunan saat ini berfokus pada pemasangan infrastruktur tambahan setelah konstruksi lintasan balap sirkuit sepanjang 2,4 kilometer dan lebar 14 meter telah rampung 100 persen.

Sebagai informasi ajang balapan Formula E akan digelar di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 mendatang. Tribunnews/Jeprima
Pekerja saat beraktifitas didalam proyek pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (17/5/2022).

Pembangunan saat ini berfokus pada pemasangan infrastruktur tambahan setelah konstruksi lintasan balap sirkuit sepanjang 2,4 kilometer dan lebar 14 meter telah rampung 100 persen. Sebagai informasi ajang balapan Formula E akan digelar di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 mendatang.

“Jangan khawatir kami pasti dukung dan support. Jadi tolong dibedakan bahwa ketika Fraksi PDIP mengkritisi Formula E jangan dianggap Fraksi PDIP menghambat penyelenggaraan Formula E,” kata Gembong.

Ia pun meminta agar masyarakat sama-sama mendukung perhelatan Formula E yang akan digelar pada 4 Juni 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

“Ayo kita sukseskan bersama. Insya Allah kita sama-sama, sepanjang dilakukan dengan cara-cara yang baik, saya kira monggo. Seluruh elemen masyarakat Jakarta saya kira akan berikan support dan dukungan kuat,” imbuhnya.

Sementara itu Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, menduga bahwa konstruksi tribun tersebut kurang kuat karena dikerjakan terburu-buru.

“Saya kira itu kondisi karena kurang kuat konstruksinya. Bisa jadi karena semua dikerjakan terburu-buru atau ada faktor lain,” kata Gilbert kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

Dia khawatir jika insiden serupa terjadi saat hari H balapan mobil listrik pada 4 Juni pekan depan. Menurutnya, pemerintah harus memastikan agar hal serupa tidak terulang dengan mengecek ulang ketahanan konstruksinya.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni