Pantau Flash
PSBB Jakarta Diperketat, BPJS Ketenagakerjaan Optimalkan Lapak Asik
Bareskrim Polri Kirim SPDP Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan ke Kejagung
Kemendikbud Terbitkan Persekjen 14/2020 Soal Juknis Bantuan Kuota Internet
Enam Jenazah WNI Ditemukan di Pantai Johor Malaysia
Menag Fachrul Razi Positif COVID-19

Bani Tabuni: Otsus Bentuk Kepedulian Pemerintah Pusat pada Papua

Bani Tabuni: Otsus Bentuk Kepedulian Pemerintah Pusat pada Papua Ilustrasi peta Papua. (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Kepala Suku Pegunungan Tengah Bani Tabuni mengatakan otonomi khusus (otsus) yang diberikan kepada Papua merupakan salah satu solusi untuk menyejahterakan masyarakat di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

"Otsus merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah pusat demi sejahterakan masyarakat di Papua," kata Kepala Suku Pegunungan Tengah di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Bani Tabuni di Jayapura, Jumat (7/8/2020).

Mantan anggota DPRD Kota Jayapura mengatakan, otsus harus diperpanjang dan direvisi demi kepentingan banyak orang, bukannya menolak perpanjangan otsus seperti yang dilontarkan beberapa oknum.

Otsus itu solusi pembangunan yang dapat menyejahterakan masyarakat karena bila hanya mengharapkan APBN maupun APBD maka banyak daerah yang tidak tersentuh pembangunan khususnya di wilayah pegunungan.

Baca juga: Polri Tegaskan Operasi Nemangkawi di Nduga Papua Tidak Langgar HAM

Menurut Bani Tabuni, karena itulah otsus merupakan solusi tepat untuk mendongkrak kemajuan Papua sekaligus mensejahterakan masyarakatnya. Terkait penolakan yang dilakukan sekelompok masyarakat, Bani Tabuni menyatakan sekelompok warga yang menolak otsus diduga ditunggangi oknum tertentu.

"Mereka itu tidak paham sebenarnya otsus itu sangat penting hingga berharap pemerintah lebih bijak dalam menanggapi dinamika yang terjadi terkait otsus," kata Bani Tabuni.

Sementara itu, Otonomi Khusus Papua diberikan melalui UU No 21/2001. Otonomi Khusus Papua diberikan sebagai keistimewaan terhadap daerah tersebut. UU No 21/2001 mengatur sejumlah hal terkait otonomi khusus guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Baca juga: Pemerintah Gunakan 3 Langkah Ini Tangani Konflik di Papua Barat

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi