Bendera Bintang Kejora Berkibar, TNI Tak Ambil Tindakan, Ternyata Ini Alasannya

Headline
Ilustrasi Bendera Bintang Kejora. (Foto: Twitter)Ilustrasi Bendera Bintang Kejora. (Foto: Twitter)

Pantau.com – Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan pengibaran bendera Bintang Kejora saat ini ada di markas kelompok sipil bersenjata (KSB) yang ada di Kampung Bulapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

“Pengibaran hanya dilakukan di markas KSB di Bulapa dan di wilayah lainnya hingga kini belum ada laporan,” kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Yogo di Jayapura, Rabu (1/12/2021).

Dia mengatakan, pengibaran bendera tersebut sering dilakukan di wilayah itu namun karena lokasi tersebut merupakan markas KSB maka pihaknya tidak mengambil tindakan tertentu.

Baca juga: Satu Anggota TNI Tewas di Intan Jaya Papua Usai Kontak Senjata dengan KSB

“Prajurit tidak mengambil tindakan karena itu memang markas KSB,” kata Mayjen TNI Yogo seraya menambahkan, secara keseluruhan wilayah Papua dalam kondisi aman.

“Untuk wilayah lainnya di Papua hingga kini belum ada laporan,” katanya menegaskan.

Sementara itu sebelumnya dikabarkan adanya pengibaran Bendera Bintang Kejora GOR Cenderawasih, Jayapura Papua. 

Baca juga: Prajurit TNI Alami Luka Tembak Usai Kontak Senjata dengan KSB di Intan Jaya

Dirkrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani membenarkan adanya laporan bendera OPM itu berkibar di GOR Cenderawasih dan kini para pelaku sudah diamankan.

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai hut OPM (organisasi Papua Merdeka) merupakan organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari NKRI.

rn

Tim Pantau
Editor
Gilang
Penulis
Gilang