BPIP dan Kopassus Satu Komando Bumikan Pancasila

Headline
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Komando Pasukan Khusus (Kopasus) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD)(Foto: Istimewa)

Pantau – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Komando Pasukan Khusus (Kopasus) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) melaksanakan silaturahmi dan olahraga bersama di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut dalam upaya penguatan kolaborasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila untuk anggota Kopassus khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

“Kita apresiasi para panitia yang sudah mengonsep acara ini dengan sangat bagus dan kreatif,” ucapnya saat sambutan.

Dengan momentum ini ia mengajak kepada seluruh pegawai BPIP dan Kopassus untuk menjaga fisik pikiran supaya lebih sehat dan bahagia.

“Salah satu cara yang efektif adalah dengan berolahraga seperti semboyan Decimus luniys Juenalis ‘Men Sana in Corpore Sano‘  di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” paparnya.

Ia juga menjekaskan olahraga menjadi salah satu gerakan politik penting dunia yang diinisiasi oleh Presiden Soekarno melalui “Games of New Emerging Force” (GANEFO).

“Melalui kegiatan ini kita harapkan dapat mebangkitkan semangan baru dan menjalin hubungan persahabatan, fair play, kepercayaan dan menciptakan persatuan yang kuat,” paparnya.

Tidak hanya itu, melalui olahraga adalah salah satu cara untuk membumiman nilai-nilai Pancasila terutama pada generasi muda (milenial).

Dalam kesempatan yang sama Komandan Kopassus Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., .M.M yang diwakili Brigjen TNI Deddy Suryadi S.I.P mengatakan kolaborasi dan sinergitas sangat dibutuhkan angara BPIP dan Kopassus.

Menurutnya Kopassus yang bertugas khusus dalam pertempuran harus memiliki Ideologi Pancasila yang kuat tidak hanya itu prajurit Kopassus juga diminta menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ia juga mengakui masih adanya sekoelompok orang yang menganggu Pancasila menjadi tanggungjawab bersama dalam mempertahankannya.

“Kita akui masih adanya radikalisme, intoleransi dan aksi terorisme, hal ini menjadi tanggungjawab kita untuk mewaspadainya,” paparnya.

Ia juga akan memastikan seluruh anggota Kopassus memiliki Ideologi yang kuat yaitu Ideologi Pancasila.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut merupakan langkah awal untuk memperkokoh kolaborasi dalam pembumian nilai-nilai Pancasila.

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tanaya, S.I.P mengapresiasi kegiatan tersebut.

Satuan Infanteri Kopassus dan mantan Pangadam IX Udayana yang mengemban amanat sebagai Koordinator Staf Ahli Panglima TNI itu juga mendorong BPIP dan Kopassu tidak patah arang dalam menjaga Pancasila.

Selain olahraga bersama, BPIP dan Kopassus juga melaksanakan penanaman ratusan bibit pohon di sekitar komplek Kopassus dan dibagikan kepada masyarakat serta menggelar latihan menembak di lapangan I Gusti Putu Danny Nugraha Karya Kopassus Cibubur.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Kepala BPIP DR. Drs. Karjono, S.H., M.Hum, Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti, S.IP., M.Si, Pejabat Tunggi Madya Pratama di Lingkungan BPIP serta Para Pati dan Pama Kopassus. (ER)

Tim Pantau