Bukan Polisi, Jaksa Agung ‘Gandeng’ TNI Amankan Buron Koruptor Kakap Nasional Surya Darmadi

Headline
Surya Darmadi tiba di Bandara Soekarno-Hatta dikawal prajurit TNI (Foto: tangkapan layar)

Pantau – Pemilik Duta Palma Group sekaligus tersangka kasus dugaan korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang, Surya Darmadi akhirnya telah tiba di Indonesia dari Taipei untuk dilakukan pemeriksaan oleh Kejaksaan Agung.

Setibanya di Indonesia melalui Bandara Soekarnno-Hatta (Soetta) sekitar pukul 13.20 WIB, Surya Darmadi langsung disambut oleh sejumlah prajurit TNI.

Tampak Surya dikawal ketat oleh sejumlah TNI hingga pengawal menuju ke dalam mobil, sampai-sampai tak ada yang bisa mendekatinya. Dan selanjutnya Surya langsung dibawa ke Gedung Bundar Jampidsus Kejagung untuk diperiksa lebih lanjut.

Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin mengatakan bahwa pihaknya akan menahan Pemilik Duta Palma Group sekaligus tersangka kasus korupsi penguasaan lahan sawit Surya Darmadi selama 20 hari.

“Hari ini, kami sedang melakukan pemeriksaan atas tersangka SD (Surya Darmadi) dan kami akan melakukan penahanan untuk 20 hari,” kata Burhanuddin kepada wartawan dalam konferensi pers di Gedung Kartika Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Terkait dengan lokasi penahanan, Burhanuddin mengatakan bahwa pihaknya akan menentukan tempat penahanan setelah pemeriksaan berlangsung.

Ia meengatakan bahwa Kejaksaan Agung akan bekerja sama dengan KPK, mengingat Surya Darmadi sedang menjalani proses hukum di KPK.

“Kami akan kerja sama dengan KPK karena ada perkara yang ditangani KPK,” kata Burhanuddin.

Tim Pantau
Editor
M. Abdan Muflih