Catat! Bamsoet Siap Lengser Jika Rakyat Dijebloskan Penjara Setelah Kritik DPR

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Dini Afrianti Efendi)Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com – Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) yang disahkan oleh Parlemen Senayan masih menuai polemik. Salah satunya yaitu terkait pengkritik DPR bisa dipenjara. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) punya jawaban.

Ia menegaskan, kritik terhadap lembaganya adalah ibarat vitamin untuk meningkatkan kinerja, sehingga dirinya akan mempertaruhkan jabatannya jika ada rakyat termasuk wartawan yang dijebloskan ke penjara karena mengkritik DPR.

“Saya pertaruhkan jabatan saya kalau ada rakyat termasuk wartawan yang kritik DPR, lalu dijebloskan ke penjara. Sebab, kritik bagi saya itu vitamin,” kata Bambang di Jakarta, Kamis (15/2/2018).


Baca juga: PKB Akan Dukung Prabowo Jadi Capres 2019, Asal…..

Menurut mantan Ketua Komisi III DPR dan wartawan ini, kritik justru dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja lembaganya.”Tidak perlu menjadi anggota DPR dulu untuk mempidana orang yang melakukan penghinaan, penistaan, pelecehan atau fitnah terhadap diri kita,” ujarnya.

Ia berkelakar jika wartawan bekerja berdasarkan kode etik jurnalistik dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, sehingga dirinya paham dan tahu persis, mana kritik dan fitnah.

DPR mengklaim jika pasal tersebut bukan mengkriminalisasi pihak-pihak yang mengkritik DPR, namun DPR justru sangat terbuka terhadap kritik yang disampaikan, seperti masyarakat yang ingin menuntut anggota DPR bekerja secara proporsional.

Tim Pantau