CCTV ‘Bukan Disambar Petir’ Menguak Detik-detik Kehidupan Sebelum Kematian Brigadir J

Headline
Brigadir Nofryansah Joshua Hutabarat alias Brigadir J di kediaman Irjen Ferdy Sambo (Foto: tangkapan layar)

Pantau – Beredar beberapa rekaman yang menampilkan perjalanan dan aktivitas-aktivitas tersangka Ferdy Sambo, Istrinya hingga ajudan-ajudannya terkait tewasnya Brigadir Nofryansah Joshua Hutabarat alias Brigadir J dari Magelang sampai di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Foto: Tangkapan layar

Dilansir dari CNN Indonesia TV, di rekaman awal pada Jumat (8/7/2022) sekitar pukul 09.38 WIB, tampak rombongan dua mobil berwarna hitam dikawal oleh sebuah mobil patwal lintas melintas di kawasan Magelang.

Foto: Tangkapan layar

Kemudian, rombongan mobil tersebut juga terlihat tengah mampir ke rest area KM 86 Tol Cipali sekitar pukul 14.00 WIB. Tampak juga Brigadir J turun dari mobil untuk membuang air ke toilet. Setelah itu, rombongan tersebut meninggal rest area untuk melanjutkan perjalanan.

Foto: Tangkapan layar

Setibanya di Jakarta, kamera CCTV juga menangkap rombongan mobil tersebut melintasi di JPO Mampang Prapatan, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.32 WIB.

Foto: Tangkapan layar

Saat sampai di kediaman Ferdy Sambo di Saguling Tiga sekitar 15.37 WIB, tampak Ferdy Sambo memasuki rumah mengenakan pakaian dinasnya yang diikuti oleh petugas tenaga kesahatan (nakes) memasuki rumah Sambo untuk melakukan tes PCR.

Foto: Tangkapan layar

Tak berapa lama kemudian, sekitar pukul 15.45 WIB, tampak rombongan mobil selanjutnya tiba di rumah Ferdy Sambo, di mana di mobil tersebut terdapat istrinya, yakni Putri Candrawathi yang mengenakan sweater crewneck berwarna hijau tua.

Dan terdapat juga beberapa ajudan yang turut membantu membawa barang-barang dari mobil untuk dimasukkan ke dalam rumah tersebut.

Foto: Tangkapan layar

Lalu, tampaklah almarhum Brigadir J yang mengenakan kaus putih dan celana jeans memasuki rumah sembari memanggul tas.

Foto: Tangkapan layar
Foto: Tangkapan layar

Di sisi CCTV lainnya, terekam Putri Candrawathi tengah menjalani tes PCR oleh nakes di teras rumahnya. Terlihat juga Richard Eliezer alias Bharada E yang turut ikut tes PCR di tempat yang sama.

Foto: Tangkapan layar
Foto: Tangkapan layar

Usai menjalani tes PCR, tampak Putri meninggalkan rumah dengan pakaian yang sama dan diikuti oleh Ferdy Sambo beserta ajudannya termasuk Brigadir J untuk masuk kembali ke mobil rombongan dan meninggalkan rumah tersebut sekitar pukul 17.05 WIB.

Foto: Tangkapan layar

Selanjutnya, pada rekaman CCTV sekitar pukul di Duren Tiga, tampak mobil yang ditumpangi Ferdy Sambo tengah dikawal oleh motor patwal melintasi Jalan Duren Tiga Barat ke arah rumah kediamannya yang di mana Brigadir Joshua ditemukan tewas.

Dan di antara waktu inilah, yakni sekitar pukul 17.06 WIB hingga 17.23 WIB, diduga Brigadir J tewas usai dieksekusi oleh Bharada E atas perintah Ferdy Sambo.

Foto: Tangkapan layar

Kembali ke CCTV yang di kediamannya di Saguling Tiga, sekitar pukul 17.23 WIB tampak Putri Candrawathi kembali masuk ke rumah dengan menggunakan pakaian yang berbeda, yakni mengenakan piyama berwarna hijau sambil menjinjing tas coklat yang didampingi ajudannya.

Dan setelah itu lah, rekaman CCTV sudah tidak pernah merekam sosok Brigadir J.

Foto: Tangkapan layar

Sekitar pukul 17.34 WIB, tampak mobil dinas Satreskrim Jakarta Selatan jenis Avanza melintas di jalan Duren Tiga Utara Satu mengarah ke lokasi tewasnya Brigadir J.

Foto: Tangkapan layar

Tak hanya itu saja, tampak mobil ambulans, Pajero Provost, Avanza hitam dan Grand Vitara melintasi di jalan tersebut untuk keluar wilayah kompleks Polri.

Foto: Tangkapan layar

Lalu, dari tujuh titik rekaman CCTV menampilkan iring-iringan kendaraan dari TKP menuju Rumah Sakit Polri.

Foto: Tangkapan layar

Adapun titik-titik yang CCTV yang merekam iring-iringan itu adalah sebuah penitipan motor di Pusat Grosir Cililitan (PGC), dan JPO Halte TransJakarta Kramat Jati.

Foto: Tangkapan layar

Sekitar pukul 20.16 WIB, tampak iring-iringan mobil ambulans, Pajero Provost, Avanza hitam dan Grand Vitara Provost yang diduga salah satunya mobil tersebut membawa jenazah Brigadir J memasuki kawasan Rumah Sakit Polri.

Namun sayangnya, kegiatan-kegiatan almarhum Brigadir J hanya terekam di kediaman Ferdy Sambo di Saguling Tiga.

Dan tidak ada rekaman CCTV yang memperlihatkan kegiatan Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di rumah dinas di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, yang di mana tempat tersebut Brigadir J dinyatakan tewas.

Tim Pantau
Editor
M. Abdan Muflih