Cerita Mahfud MD sering Dapat Amplop Berisi Peta Politik dan Aktor Kuncinya dari Almarhum Tjahjo Kumolo

Headline
Menteri Koordinator Bidang PolitikMenteri Koordinator Bidang Politik

Pantau – Menkopolhukam Mahfud MD menceritakan kenangannya bersama almarhum Menpan-RB Tjahjo Kumolo semasa hidup. Ia sering mendapat amplop dari Tjahjo.

“Terakhir saya bertemu dan berbicara dengan Pak Tjahjo juga saat ada acara yang dihadiri Ibu Megawati, yakni, pada acara peresmian Smart School Dr. Ir. Soekarno di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 30 Mei 2022. Saat itu pun dia menyerahkan satu amplop kepada saya sambil ngobrol berdua sebentar,” kata Mahfud melalui akun twitternya, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Mahfud, ia pertama kali bertemu dan berbincang langsung dengan Tjahjo pada perayaan Idulfitri tahun 2000 silam. Kala itu, Mahfud baru diangkat sebagai Menteri Pertahanan.

“Saat itu saya berlebaran di rumah Wapres Bu Megawati dan Pak Tjahjo ada di sana. Secara khusus dia memberi amplop yang sudah ditulis tujuannya: untuk Pak Mahfud,” ungkap Mahfud.

Mahfud menjelaskan amplop yang diberikan Tjahjo berisi konfigurasi dan peta kekuatan politik terkini serta aktor-aktor kuncinya di Indonesia. Mahfud menilai Tjahjo rajin membuat analisis politik.

“Di antara pertemuan pertama dan terakhir itu kami juga sering bertemu; beliau juga sering memberi amplop tebal. Apa isi amplop-amplop itu? Tentang konfigurasi dan peta kekuatan politik terkini dan aktor-aktor kuncinya di Indonesia. Pak Tjahjo rupanya rajin membuat analisis yang dilengkapi dengan diagram-diagram,” terang Mahfud.

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi