Pantau Flash
Kemendikbud Terbitkan Kepmen 719/P/2020 Tentang Kurikulum Darurat
Dishub DKI Sebut Ganjil Genap Bisa Berlaku Seharian Tanpa Skema Waktu
Pemerintah Izinkan Sekolah Tatap Muka di Zona Kuning dan Hijau COVID-19
Waketum PPP Reni Marlinawati Meninggal Dunia
Kasus Positif COVID-19 per 7 Agustus Melonjak 2.473 dengan Total 121.226

China Minat Garap Kereta Jakarta-Surabaya, Luhut: Siapa Saja Silakan Masuk

Headline
China Minat Garap Kereta Jakarta-Surabaya, Luhut: Siapa Saja Silakan Masuk Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Pantau.com - Setelah menggarap kereta cepat Jakarta-Bandung, China akan kembali menancapkan kukunya di proyek kereta Indonesia. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, China menyatakan keinginannya untuk ikut serta menggarap proyek kereta Jakarta-Surabaya yang akan digarap Jepang.

"China Railway ingin investasi di bidang kereta api Jakarta-Surabaya. Saya bilang, 'Siapa saja silakan saja masuk'," kata Luhut usai bertemu dengan Chairman China Railway Construction Corporation (CRCC) Limited Chen Fenjian di Kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin (2/9/2019).

Baca juga: Infografis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rakitan China

Luhut mengatakan kepada CRCC bahwa proyek kereta Jakarta-Surabaya itu telah digarap oleh Jepang. Hanya saja, ia menambahkan, jika China bisa memberikan tawaran yang lebih baik dengan teknologi yang juga bagus, pemerintah bisa saja memberikan pertimbangan lain.

"Saya bilang, 'Jepang juga sudah masuk. Tapi kalau kalian (CRCC) punya offer yang lebih bagus, teknologi bagus, ya kita lihat-lihat juga. Tapi Jepang sudah maju sih," katanya.

Luhut menyebut ketertarikan China pada proyek kereta Jakarta-Surabaya sudah sejak lama. Namun, Luhut enggan menyebut jika tawaran China itu akan menggeser Jepang untuk menggarap proyek transportasi massal tersebut.

"Sampai sekarang kita masih dengan Jepang, tapi Jepang juga biar tahu juga bahwa masih ada yang menawar (proyek tersebut). Jangan dia macam-macam," ungkapnya.

Baca juga: Celah China di Proyek Kereta Cepat Indonesia dan Malaysia

Sebelumnya, China telah menggarap kereta cepat Jakarta-Bandung. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan jenis dan spesifikasi kereta yang akan digunakan dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada tahun 2021 mendatang, yakni memiliki tipe bernama CR400AF.

Kereta tersebut merupakan produk generasi terbaru yang dikembangkan CRRC Qingdao Sifang, salah satu produsen besar kereta cepat di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kereta ini memiliki salah satu fitur keamanan yaitu dua emergency brake. Fitur pengereman darurat ini berfungsi berdasarkan perintah masinis, driver controller, dan emergency brake penumpang. 

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: