Demokrat: Timnas Israel akan Dapat Sambutan Panas usai Lolos ke Piala Dunia U20 di Indonesia

Headline
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Demokrat Rizki Natakusumah (Foto: Instagram0

Pantau – Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Demokrat Rizki Natakusumah menanggapi kabar lolosnya Tim Nasional (Timnas) Israel ke ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2023 mendatang.

Ia mengatakan, Timnas Israel bakal mendapatkan sambutan panas dari masyarakat Indonesia saat mereka berlaga di ajang tersebut.

“Timnas Israel U-20 harus siap mendapatkan sambutan panas dari publik Indonesia jika bermain di sini,” kata Rizki pada Minggu (26/6/2022).

Menurutnya, Israel akan mendapatkan sambutan panas lantaran masyarakat Indonesia mayoritas mendukung Palestina.

“Seluruh dunia memantau, dan dapat menjadi momen untuk publik dalam menunjukkan dukungan terhadap Palestina,” tambahnya.

Seperti diketahui, Indonesia mempunyai rekam jejak yang kuat untuk mendukung kemerdekaan Palestina atas invasi Israel selama ini.

Kendati demikian, lanjut Rizki, event Piala Dunia U-20 merupakan acara di bidang olahraga. Oleh karena itu, ia yakin masyarakat mampu dan cerdan dalam membedakan masalah politik dan juga olahraga.

“Tapi ini ajang olahraga, dan saya yakin masyarakat kita sangat cerdas dan bijak dalam membedakan politik dan olahraga,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Israel dipastikan lolos ke ajang Piala Dunia U-20 usai menjadi runner up fase grup Euro U-19 2022.

Karena ajang Piala Dunia U-20 2023 akan diselenggarakan di Indonesia, maka Israel kemungkinan akan ada sedikit gesekan dengan masyarakat Indonesia. Alasannya adalah Indonesia cenderung mendukung Palestina karena perkara invasi Israel ke Palestina selama ini.

Meskipun begitu, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan bahwa kedatangan Timnas Israel ke Indonesia akan tetap diterima.

“Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement dengan pemerintah tahun lalu. Siapa pun yang ikut bisa datang,” kata Iriawan pada Kamis 923/6/2022).

Pria yang kerap disapa Iwan bule ini juga menegaskan tidak ada masalah soal Israel yang akan datang ke Indonesia karena ini urusan olahraga dan akan tetap diakomodir oleh pihak penyelenggara.

“Ini sepakbola, jadi nggak ada masalah. Israel akan tetap kami akomodir. Itu terakhir kami rapat dengan pemerintah pada tahun lalu berkaitan Israel,” katanya.

“Olahraga tidak ada urusan dengan politik. Itu FIFA sudah menyampaikan siapa yang lolos harus bisa main,” pungkas Iriawan.

Tim Pantau