Pantau Flash
Ahmad Sahroni: Penangkapan Gus Nur Berdasarkan Bukti-bukti Jelas
Takaaki Nakagami Raih Pole Position MotoGP Teruel di Aragon
Ade Yasin Bakal Batasi Kendaraan di Jalur Pucak saat Libur Panjang Nanti
Duh, Kepulauan Riau Kekurangan Ventilator untuk Pasien COVID-19
Bamsoet Apresiasi Penetapan Tersangka Kebakaran Gedung Kejagung

Detik-detik Evakuasi 3 Kru Helikopter PT NUH, Begini Kondisi Terkininya

Detik-detik Evakuasi 3 Kru Helikopter PT NUH, Begini Kondisi Terkininya Tim SAR mengevakuasi kru helikopter mikik PT NUH yang mendarat darurat di pedalaman Kab. Paniai, Provinsi Papua, Sabtu (19/9/2020). (Foto: Antara/HO-Polres Nabire)

Pantau.com - Tiga kru helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) yang mendarat darurat di pedalaman Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, sudah dievakuasi dan kini menjalani perawatan di RSUD Nabire. Hal itu dikatakan Kepala Polres Nabire AKBP Sonny Tampubolon, Sabtu (19/9/2020).

Menurut dia, ketiga kru helikopter yang sempat hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Nabire menuju Baya Biru di Kabupaten Paniai pada Kamis, 17 September 2020, tersebut terluka.​

Baca juga: Tim SAR Kerahkan 4 Helikopter ke Paniai Evakuasi Heli PT NUH

Pilot Erik Kurniawan (48) mengalami luka di kepala dan kaki serta benturan di dada, Endy Nawalaga (44) mengalami luka pada bagian kepala dan kaki, dan Aswar Jamal (31) tangan kirinya patah, kata Sonny mengenai kondisi ketiga kru helikopter.

Ketiga kru helikopter dievakuasi dari kawasan Kali Dageuwo, Paniai, menggunakan helikopter kemudian dibawa ke KM 100 Sirimo dan selanjutnya diangkut menggunakan helikopter ke Nabire. 

"Ada tiga helikopter yang dikerahkan untuk mengevakuasi korban," kata Sonny.

Baca juga: Detik-detik SAR Temukan Helikopter PT NUH, Kru Terlihat Lambaikan Tangan

Helikopter milik PT NUH yang pada Kamis, 17 September 2020 pukul 10.47 WIT terbang mengangkut bahan makanan dari Nabire menuju Baya Biru dilaporkan hilang kontak sekitar pukul 13.30 WIT.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Biak Gusti Anwar Mulyadi menyatakan helikopter itu ditemukan pada ketinggian 4.700 di atas permukaan air laut (dpl) di wilayah Kabupaten Paniai.​​​​​​​ Helikopter kemudian dikerahkan untuk mendukung upaya penyelamatan kru helikopter nahas tersebut.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: