Pantau Flash
Pemerintah Optimistis Investasi Listrik Meningkat 39 Miliar Dolar
Erick Thohir Berencana Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia
BI Targetkan Pertumbuhan Kredit 2020 di Kisaran 9-11 Persen
11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu Akan Rampung di 2020
Gilas Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Di Lokasi Ini Nantinya Akan Dibangun Istana Kepresidenan Baru

Di Lokasi Ini Nantinya Akan Dibangun Istana Kepresidenan Baru Luasan lahan milik negara dengan status HGU (hak guna usaha) PT ITCI Hutama Manunggal di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang rencananya menjadi lahan ibu kota negara. ANTARA/Novi Abdi

Pantau.com - Istana kepresidenan akan dibangun di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang merupakan bagian dari calon lokasi ibu kota baru Indonesia.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang saat ditemui di Penajam, Jumat (15/11/2019), mengatakan bahwa tahap pembangunan ibu kota negara dijadwalkan akan dimulai konstruksinya pada tahun 2020.

"Tahap konstruksi awal pembangunan ibu kota negara itu di titik nol yang rencananya akan dibangun Istana Presiden bersamaan dengan masjid, kompleks pemerintahan, dan pendukung lainnya, seperti infrastruktur jalan," ujarnya.

Baca juga:  'Jangan Biarkan Angkot 'Ngaspal' di Ibu Kota Baru'

Pada saat meninjau lokasi ibu kota negara di Kecamatan Sepaku pada bulan Oktober 2019, menurut Nicko Herlambang, Bambang Brojonegoro yang saat itu masih menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan bahwa titik nol lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru tidak jauh dari Menara Sudharmono.

Lokasi menara pemantau api berwarna kuning setinggi lebih kurang 20 meter tersebut berada dalam kawasan PT ITCI Hutani Manunggal milik Sukanto Tanoto di wilayah Kelurahan Pamaluan, Kecamatan Sepaku.

Sebagai persiapan pembangunan ibu kota negara di titik nol itu, kata Nicko Herlambang, Pemkab Penajam Paser Utara dan Kementerian PPN/Bappenas akan melakukan kajian sosial ekonomi di Kecamatan Sepaku.

"Pekan depan akan ada pertemuan dengan Kementerian PPN/Bappenas yang dipimpin Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai persiapan tahap pembangunan ibu kota negara," ungkapnya.

Baca juga: Terjawab! Jokowi Akan Bangun Ibu Kota Baru dengan Sistem Klaster

"Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara siap untuk pembangunan ibu kota negara, dan akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat," ucap Nicko Herlambang.

Pada hari Jumat, lanjut ia, kepala daerah menghadiri pertemuan dengan Menteri PPN/Bappenas Suharso Manoarfa membahas penyiapan Peraturan Presiden tentang Badan Otorita Pemindahan Ibu Kota Negara di Jakarta.

Lokasi pemindahan ibu kota negara Indonesia telah ditetapkan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Sepaku salah satu kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara yang memiliki empat kelurahan dan 11 desa berbatasan dengan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: