Pantau Flash
Mantap! DKI Jakarta Catat Angka Kesembuhan Harian Covid-19 Tertinggi
Wagub DKI Jakarta Rangkul Ormas untuk Jaga Stabilitas Ibu Kota, Sebut Bentuk Kolaborasi dengan Pemerintah
Pemerintah Turunkan Harga PCR Rp275 Ribu, Langsung Berlaku Mulai Hari Ini
Ribuan Ormas di Jakarta Deklarasikan Diri untuk Amankan Ibu Kota pada Pemilu 2024
Sah! Harga PCR Resmi Turun Jadi Rp275 Ribu, di Luar Jawa-Bali Rp300 Ribu

Ditanya Soal Koalisi atau Oposisi, Ini Jawaban Wasekjen Gerindra

Ditanya Soal Koalisi atau Oposisi, Ini Jawaban Wasekjen Gerindra Ahmad Muzani (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto menggelar rapat dengan jajaran dewan pembina Partai Gerindra di kediaman pribadinya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7/2019). Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, dalam rapat ini belum dibahas terkait sikap politik partai dalam lima tahun ke depan.

"Secara khusus tidak dibicarakan (mengenai sikap politik), tapi itu implisit diomongkan bahwa hal yang sangat strategis, yang hari ini kita semua percayakan kepada ketua dewan pembina untuk mengambil langkah-langkah itu," ujar Muzani di sela-sela rapat di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7/2019).

Baca juga: Prabowo Kumpulkan Petinggi Gerindra di Hambalang Hari Ini, Ini Agendanya

Menurut Muzani, dalam pertemuan tersebut jajaran dewan pembina belum menyampaikan gambaran terkait sikap politik mana yang akan diambil partai besutan Prabowo Subianto tersebut. Bagi jajaran dewan pembina gambaran yang diberikan hanya perkuat soliditas internal.

"Gambarannya adalah situasi itu tetap kita harus kuatkan soliditas di internal kita, kita harus merapatkan barisan, baik anggota legislatif ataupun struktur partai, karena perjuangan kedepan semakin berat apapun posisi yang akan diambil beliau," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, secara ekpilisit mengenai hubungan dengan pemerintah tak dibahas panjang lebar. Menurutnya, keputusan untuk bergabung dalam pemerintahan maupun nantinya mengambil peran oposisi sama saja, asalkan prinsip dan cita-cita Gerindra harus tercapai.

"Prinsip dan keyakinan perjuangan cita-cita kita tak akan berubah, yakni kita akan menegakkan keadilan dan kemakmuran, dan kita bersendi pada pancasila dan UUD 45, dan itu sesuatu yang akan kita pegang terus. Dan prinsip itu yang akan dipegang teguh oleh Prabowo," tuturnya.

Lebih lanjut, ketika dipertegas apakah nantinya Gerindra akan mengambil peran oposisi atau memilih bergabung dengan pemerintah, Muzani menjawab secara diplomatis.

Baca juga: Klaim Demi NKRI, Gerindra: Kursi Ketua DPR Buat PDIP, Ketua MPR Buat Kami

"AD/ART partai dan ditambah pembahasan itu sudah menjelaskan bahwa semuanya sudah menjadi kewenangan ketua dewan pembina. Hari ini rapat memberikan penguatan kepada beliau bahwa kita mempercayakan semuanya kepada beliau," tandasnya.

Untuk diketahui menurut Muzani dalam pertemuan ini diikuti oleh 65 jajaran Dewan Pembina Partai Gerindra. Hingga saat ini pertemuan tampak masih akan terus berlangsung.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah

Berita Terkait: