Ditlantas Polda Bantah Berikan Pelat Polri untuk Arteria Dahlan

Headline
Mobil-mobil milik Arteria Dahlan di gedung DPR pakai pelat organik kepolisian.Mobil-mobil milik Arteria Dahlan di gedung DPR pakai pelat organik kepolisian.

Pantau.com – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo menegaskan tidak pernah mengeluarkan pelat nomor kendaraan dinas Polri untuk anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan.

“Tidak benar, Ditlantas Polda Metro Jaya tidak pernah mengeluarkan nomor dinas Polri (untuk Arteria),” kata Sambodo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 22 Januari 2022.

Sambodo menegaskan Ditlantas hanya meregistrasi dan mengidentifikasi untuk kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

Baca juga: IPW Minta Polisi Berani Usut Pelanggaran Pelat Nopol Arteria Dahlan

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan, Lodewijk Paulus, ikut angkat bicara terkait nomor polisi mobil milik anggota DPR Arteria Dahlan yang berpelat dinas Polri. Dia menduga bahwa pelat itu didapat dari Ditlantas.

“Saya tidak tahu secara teknis (anggota DPR lain pakai pelat Polri). Biasanya itu hubungan pribadi aja ya, apalagi mereka juga kan Komisi III, kerabat mereka kan kepolisian. Mungkin dari situ mereka ada koneksi dengan Ditlantas untuk mendapatkan fasilitas itu,” ucap Lodewijk di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 21 Januari 2022.
Lodewijk mengatakan ada dugaan kalau Arteria Dahlan memiliki pelat dinas polisi karena ia anggota Komisi III yang bekerja sama dengan polisi. Tetapi dia menegaskan hal itu adalah urusan pribadi di luar instansi.

Politikus Arteria Dahlan menjadi sorotan lantaran penggunaan pelat nomor kendaraan organik polisi pada sejumlah mobilnya.


Masalah terkuat saat Arteria memarkir lima mobil miliknya di parkiran Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Anehnya, lima mobil mewah itu menggunakan pelat nomor kepolisian yang sama yakni 4196-07.

Lima mobil mewah itu yakni, Mitsubishi Pajero, Mitsubishi Grandis, Toyota Vellfire, Toyota Fortuner, dan Nissan X-Trail.

Baca juga: Heboh Pelat Nopol Arteria Dahlan, Ombudsman: Ada Potensi Malaadministrasi di Polri

rn

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Tim Pantau.com