Pantau Flash
Persib Bandung Perpanjang Kontrak Omid Nazari Satu Musim
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020
43 Narapidana Terima Remisi Imlek pada Tahun 2020
Trump Naikkan Tarif Produk Turunan Baja dan Alumunium Beberapa Negara
Winger Chelsea Gabung Inter Milan dengan Status Pinjaman

DPD RI Menilai Sudah saatnya Pemilu Gunakan Sistem e-Voting

Headline
DPD RI Menilai Sudah saatnya Pemilu Gunakan Sistem e-Voting Ilustrasi surat suara. (Foto: Antara)

Pantau.com - Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Jialyka Maharani menyampaikan aspirasi milenial terkait revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Menurut senator termuda asal Daerah Pemilihan Sumatera Selatan itu, sudah saatnya pemungutan suara masyarakat dalam pilkada serentak dilakukan dengan memanfaatkan teknologi e-Voting dan e-Rekap.

"Di era digital, dengan teknologi terkini, ada baiknya jika mekanisme (pemungutan suara) dilakukan secara elektronik, jadi melalui e-Voting atau e-Rekap," ujar Jialyka.

Baca juga: Waduh, Ipar Jokowi Juga Ramaikan Bursa Pilkada Gunungkidul

Menurut dia, mekanisme e-Voting dan e-Rekap akan mempercepat pengumuman hasil pemungutan suara dibandingkan menggunakan mekanisme konvensional dengan kertas surat suara.

"Memang perlu dilakukan penelitian mendalam lagi mengenai hal ini, tapi ada baiknya pemungutan suara disimpelkan lagi dengan e-Voting dan e-Rekap," kata dia pula.

Mengingat pembahasan UU Pilkada yang sangat mepet dengan pelaksanaan pilkada serentak 2020, Jialyka menyarankan revisi UU Pilkada dilakukan usai pilkada serentak 2020.

Baca juga: Kasus Suap Eks Komisioner KPU Dinilai Bisa Rugikan PDIP di Pilkada 2020

Hal itu dapat memperdalam lagi penelitian yang dilakukan tentang cara-cara melakukan pemilihan melalui mekanisme e-Voting dan e-Rekap.

"Sebetulnya tidak bisa langsung kita ambil keputusan begitu ya, tetapi harus dipelajari lebih mendalam lagi apa-apa saja masalahnya. Memang harus didiskusikan lebih lanjut lagi, lebih mendalam lagi," kata senator berusia 22 tahun itu.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: