Dulu Salah Paham dan Anggap Syirik, Abu Bakar Ba’asyir Akhirnya Akui Pancasila

Headline
Mantan amir Jamaah Islamiyah (JI), Abu Bakar Ba'asyir, mengakui Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. (Tangkapan layar)Mantan amir Jamaah Islamiyah (JI), Abu Bakar Ba'asyir, mengakui Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. (Tangkapan layar)

Pantau – Mantan Terpidana Kasus Terorisme Abu Bakar Ba’asyir mengakui Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Pengakuan ini merupakan hal yang baru bagi Ba’asyir.

Hal itu seperti dilihat dalam video yang di-posting akun twitter @_ekokun*****, pada Rabu (3/8/2022). Baasyir menegaskan Pancasila disetujui para ulama terdahulu.

“Indonesia berdasar Pancasila itu mengapa disetujui ulama? Karena dasarnya tauhid, Ketuhana yang Mahaesa, inipun pengertian saya terakhir,” kata Ba’asyir dalam video itu.

Ba’asyir mengaku dulu menilai Pancasila adalah syirik. Namun setelah didalami lebih lanjut, Ba’asyir selama ini salah paham.

“Setelah saya pelajari selanjutnya, enggak mungkin ulama (terdahulu) menyetujui dasar negara syirik. Itu enggak mungkin. Karena ulama itu mesti niatnya ikhlas,” ujar Ba’asyir.

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi