Edarkan Ganja ke Rekan Organisasi Mapala, Mahasiswa Kampus Negeri di Sumedang Ditangkap Polisi

Headline
Ilustrasi borgol. (Foto: Pixabay)Ilustrasi borgol. (Foto: Pixabay)

Pantau – Pihak kepolisian membongkar peredaran narkoba jenis ganja di lingkungan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) yang ada di salah satu universitas negeri di Sumedang, Jawa Barat. Seorang mahasiswa berinisial TNR (24) ditangkap.

“TNR mengedarkan ke rekan-rekannya satu organisasi yang bergerak di pecinta alam,” ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakata Barat, AKBP Akmal di Mapolres Jakarta Barat, Jumat (23/9/2022).

Barang haram itu dibeli TNR lewat transaksi online yang dikirim dengan tujuan kampus, tepatnya ke organisasi mapala tersebut.

“Barang dipesan dari Aceh, dikirim ke alamat kampus. Kami mengamankan tersangka pada saat mengambil paket di Jalan Raya Bandung, Sumedang KM 21 Jatinangor, Sumedang,” jelas Akmal.

Kemudian TNR yang masih menjadi mahasiswa aktif di kampus tersebut menjual barang haram itu dengan harga hingga Rp300 ribu.

“Sementara hasil pendalaman, (dijual) ke circle-nya sendiri tadi, (dengan) harga Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu,” jelasnya.

Atas perbuatannya, TNR disangkakan Pasal 114 Ayat (1) Sub Pasal 111 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 1 miliyar.

 

Tim Pantau
Editor
Firdha Rizki Amalia