Eddy Gombloh Sampaikan Wasiat ke Sang Istri sebelum Meninggal Dunia

Headline
Pelawak Eddy Gombloh (ANTARA/Ist)Pelawak Eddy Gombloh (ANTARA/Ist)

Pantau – Pelawak senior Eddy Gombloh meninggal dunia, Kamis (4/8/2022). Komedian bernama asli Supardi itu tutup usia pada umur 80 tahun.

Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe, mengatakan bahwa Gombloh meninggal di Yogyakarta dan merupakan komudian populer di masanya.

“Beliau meninggal di Yogya, lumayan cukup panjang umur kalau kita pikir. Dari dulu beliau komedian populer di Indonesia bersama Ateng,” kata Joe dalam pesan suara, dilansir Antara.

Evry pun berdoa semoga Gombloh meninggal dalam keadaan husnul khotimah dan karyanya bisa menjadi amal di akhirat kelak.

“Semoga almarhum berpulang dengan husnul khotimah dan karya beliau akan jadi ladang amal di kemudian hari,” ungkapnya.

Martina Lubalu yang merupakan istri dari Gombloh pun mengungkapkan bahwa sang suami sempat menyampaikan wasiat yaitu ingin dimakamkam di Jakarta.

“Dia minta dimakamkan di Jakarta,” kata Martina saat diwawancarai di salah satu tv swasta.

Maka dari itu, pihak keluarga pun melaksanakan wasiat almarhum, yaitu akan dikembumikan di TPU Tegal Alur, Cengkareng pada Jumat ini (5/8/2022).

Eddy Gombloh aktif berakting di era 70-an hingga awal 90, seperti “Djembatan Emas”, “Benyamin Tukang Ngibul”, “Inem Pelayan Sexy” dan “Apa Ini Apa Itu”. Di masa tuanya, ia menetap di Sleman, Yogyakarta.

Eddy Gombloh akan dimakamkan di TPU Tegal Alur Cengkareng, Yogyakarta Jumat (5/8) pukul 12.00 WIB.

Evry Joe berharap para komedian senior seperti Eddy Gombloh diberi penghargaan dan lebih diperhatikan oleh asosiasi komedian, pemerintah maupun swasta atas karya-karyanya yang menghibur beberapa generasi. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga negeri tetangga seperti Malaysia.

Ia berpendapat, komedian senior seperti Eddy Gombloh, Ateng, S. Bagio adalah penampil sejati yang karyanya masih digemari hingga saat ini.

“Mestinya kita gugah pemerintah, harus beri penghargaan kepada senior-senior yang sudah memberi karyanya, yang sudah menghibur bangsa dan negara kita, sampai ke internasional,” tuturnya.

Tim Pantau
Editor
M. Abdan Muflih