Rachmat Yasin Bebas, Adik Kandung Sesama Eks Bupati Bogor Masih Dipenjara

Headline
Mantan Bupati, Rachmat Yasin. (Foto: Dok)

Pantau – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dinyatakan bebas secara bersyarat hari ini Selasa (2/8/2022), setelah menyelesaikan masa tahanannya di Lapas Sukamiskin.

“Iya hari ini bebas bersyarat,” ujar Kepala Lapas Sukamiskin, Elly Yuzar, saat dikonfirmasi, Selasa (2/8/2022).

Walau dinyatakan bebas bersyarat, Elly menjelaskan bahwa Rachmat Yasin harus melakukan wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bogor.

“Dia tetap wajib lapor ke Bapas Bogor,” jelasnya.

Elly mengatakan, bahwa Rachmat Yasin mendapat remisi beberapa kali selama ditahan di Lapas Sukamiskin. Remisi tersebut adalah remisi lebaran dan remisi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2021 lalu.

Sementara Rachmat Yasin bebas, Adiknya yang merupakan Bupati Bogor nonaktif, Ade Yasin, ditangkap oleh KPK April 2022 dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait kasus suap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Barat.

Dalam OTT, KPK mengamankan barang bukti total Rp1,024 miliar yang terdiri atas Rp570 juta tunai dan uang di rekening bank sekitar Rp454 juta.

Diketahui, Rahmat Yasin merupakan terpidana perkara penerimaan gratifikasi dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Bogor dengan total sekitar Rp8,9 miliar.

Uang tersebut diduga digunakan untuk biaya operasional bupati dan kebutuhan kampanye pemilihan kepala daerah dan pemilu legislatif yang diselenggarakan pada 2013 dan 2014.

Hakim saat itu dalam perkara tersebut, memvonis Rahmat Yasin dengan hukuman penjara 2 tahun 8 bulan.

 

Tim Pantau
Editor
Firdha Rizki Amalia