Pantau Flash
Jokowi Bakal Lantik Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri pada 27 Januari
Pimpinan MPR Dukung Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang
COVID-19 RI per 25 Januari: Total Kasus Positif Mencapai 999.256
Aneh tapi Nyata, Kisah Diki Jenggo yang Mati Suri Dua Kali Padahal Sempat Membusuk
LaporCovid-19: Ada 34 Pasien Covid Ditolak RS karena Penuh

Fadli Zon: Revisi UU untuk Kuatkan KPK!

Headline
Fadli Zon: Revisi UU untuk Kuatkan KPK! Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Revisi UU KPK dianggap berbagai pihak termasuk lembaga anti rasuah itu sendiri telah melemahkan KPK. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai dilakukannya revisi terhadap UU KPK justru untuk menguatkan institusi KPK.

"Jadi saya kira seharusnya ini bisa juga poin untuk perbaikan dan mungkin justru membuat institusi KPK itu semakin kuat dalam hal governance di dalamnya," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 6 September 2019.

Baca Juga: Surati Jokowi Soal Revisi UU di DPR, KPK: Semoga Direnungkan

Menurut Fadli poin-poin yang menjadi bahan revisi UU KPK dianggap masuk akal semua. Termasuk juga menurutnya soal dimunculkannya SP3 atau penghentian kasus dan juga kemunculan Dewan Pengawas yang dianggap menjadi polemik.

"Sekarang ya saya kira kita akan lihat di pembahasan walaupun sebetulnya poin poinya itu masuk akal ya. Itu soal SP3 soal pengawas soal aturan main soal penyadapan dan seterusnya," ungkapnya.

Baca Juga: Soal Revisi UU KPK, Komisi III: Kenapa KPK Takut Diawasi?

Namun kendati begitu Fadli mengaku belum mengecek secara keseluruhan mengenai revisi UU KPK. Itu juga yang menjadi jawaban Fadli ketika disinggung mengapa Gerindra tak lagi seperti pada 2016 yang menyatakan menolak UU KPK direvisi.

"Ya kami menolak kan. Ya saya belum tahu nanti kita lihat saya sendiri kemarin ada di Bali jadi tidak mengikuti prosesnya dengan dari dekat," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: