Pantau Flash
KPK Tetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Tersangka
Covid-19 RI 16 Oktober: Kasus Positif Naik 997 dengan Pasien Sembuh 1.525
Buntut Kabur Karantina, Polda Metro Jaya Bakal Periksa Rachel Vennya 21 Oktober
Polda Metro Gerebek Holywings Tebet, Ada Ratusan Orang Masih Berkerumun
Jokowi Ogah Manjakan BUMN Sakit: Terlalu Sering Dapat Proteksi, Maaf Enak Sekali

Fadli Zon Yakin Ceramah UAS Bukan untuk Diskreditkan Agama Lain

Headline
Fadli Zon Yakin Ceramah UAS Bukan untuk Diskreditkan Agama Lain Fadli Zon (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai isi ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang menjadi kontroversi di tengah masyarakat soal salib, menurutnya sama sekali bukan bermaksud mendiskreditkan agama tertentu. 

Sebelumnya, UAS dilaporkan ke Polres Sikka di Nusa Tenggara Timur atau NTT oleh Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Baca Juga: Hidayat Nur Wahid Nilai Tak Ada yang Salah dalam Ceramah Ustaz Abdul Somad

"Saya kira sejauh bahwa itu merupakan pendapat dan bukan upaya untuk mendiskreditkan saya kira enggak masalah. Harus kita pahami bahwa sebagai cara orang untuk menyampaikan pesan-pesan keagaamaan. Saya kira yang terjadi pada UAS bukan sebuah upaya untuk mendiskreditkan yang lain," ujar Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Untuk itu Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu juga meminta agar polemik ini tidak dibesar-besarkan. Ia meminta semua pihak untuk tetap tenang menyelesaikan terkait masalah ini dengan kepala dingin.

"Ini menurut saya harus dudukkan bersama untuk cooling down dan supaya kita menjadi bangsa supaya bisa harapan kita merajut kembali ke Indonesiaan," ungkapnya.

Sementara itu, menanggapi video viralnya, UAS menanggapi dugaan penistaan agama tersebut dengan tiga pernyataan bahwa dia hanya menanggapi pertanyaan anggota jemaah, kajian dalam video tersebut disampaikan secara tertutup di dalam masjid, serta kejadian itu sudah lama.

"Pengajian itu lebih 3 tahun lalu. Sudah lama, di kajian subuh Sabtu, di Masjid Annur, Pekanbaru. Karena rutin pengajian di sana, 1 jam pengajian dilanjutkan dengan tanya jawab," kata UAS dalam video yang diunggah akun YouTube FSRMM TV pada hari Minggu, 18 Agustus 2019.

Baca Juga: Bela Ustad Abdul Somad, #KamiBersatuBersamaUAS Trending Topik di Twitter

Kendati begitu, UAS mengaku siap menjalani proses hukum yang menghadapinya.

"Sebagai warga negara yang baik saya tidak akan lari, tidak akan mengadu, saya tidak akan takut karena saya tidak merasa salah dan saya tidak pula ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa," tandas UAS.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: