Pantau Flash
5 Orang Meninggal Korban Longsor di Manado
BNPB Umumkan Korban Meninggal Akibat Gempa Majene Sebanyak 46 Jiwa
Jakarta Catatkan Kasus Baru COVID-19 Terbanyak, Sulawesi Barat Nihil
Leo/Daniel Kalah, Ganda Putra Indonesia Gagal Melaju ke Final Thailand Open
Gempa Bumi Tektoknik Magnitudo 5,2 Terjadi di Sulawesi Utara

FKPD Desak Gelar KLB Lengserkan SBY, Sekjen Demokrat: Kami Abaikan!

Headline
FKPD Desak Gelar KLB Lengserkan SBY, Sekjen Demokrat: Kami Abaikan! Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan angkat bicara menanggapi forum yang mengatas namankan sebagai Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) Partai Demokrat yang mendesak agar partai melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) lengserkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurut Hinca permintaan FKPD untuk menggelar KLB sangat tidak mendasar.

"Tentu gak semua orang segitu banyak bisa dikenali. Nah kalau misal soal permintaannya KLB, pertama, itu tidak berdasar dan tidak ada alasannya," ujar Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Pendiri Demokrat Kembali Desak KLB untuk Lengserkan SBY 

Adapun menurutnya, jika KLB mendesak dilakukan yakni hanya boleh diajukan oleh Majelis Tinggi, lalu satu pertiga dari DPD dan setengahnya dari DPC partai.

"Nah forum ini nggak dikenal karena itu kami abaikan dan tidak ada KLB. Dan posisi siklus lima tahunan partai demokrat kongres kami yang terakhir di Surabaya ke 4 yaitu 2015 bulan Mei. Maka lima tahun berikutnya adalah bulan Mei 2020 dan siklus itu berjalan biasa saja dan saya pastikan tidak ada KLB kita ketemu di di siklus lima tahunan karena itu soal internal aja," ungkapnya.

Baca juga: Forum Pendiri Ingin Lengserkan SBY, Ferdinand: Mereka Hanya Caper Saja

Hinca menilai bahwa forum tersebut hanya mencari-cari sensasi saja. Menurutnya, forum yang mengatasnamakan pendiri tersebut tidak punya hak suara mengajukan KLB maupun evaluasi terhadap partai berlambang mercy tersebut.

"Anda bisa melihat sendiri toh karena itu saya sebenarnya tidak ingin menanggapi ini karena semua tanya saya jelaskan dan dengan penjelasan ini kita anggap ini selesai," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah

Berita Terkait: