Gagal Jadi Wapres Jokowi, Mahfud Curhat ke Rizal Ramli

Headline
mahfud md, rizal ramli - pantau.comMenko Polhukam Mahfud MD - (Foto: Antara)

Pantau – Batalnya Mahfud Md jadi cawapres pendamping Jokowi bisa dibilang sangat dramatis. Mahfud Md sendiri mengaku diminta secara resmi jadi cawapres pendamping Jokowi.

“Ya mungkin sudah panggilan sejarah ya, saya diminta untuk mendampingi Jokowi sebagai capres dan saya cawapresnya,” kata Mahfud saat berbincang dengan detikcom tak lama sebelum Jokowi dan pimpinan 9 parpol koalisi menyepakati Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya, Kamis (9/8/2018).

Mahfud mengaku diminta secara resmi jadi cawapres Jokowi Kamis pagi. Bahkan sejak malamnya sudah diminta stand by menghadap istana. Bukan cuma mengirim CV, tadi pagi Mahfud juga sudah diminta mengukur kemeja putih.

Ada penolakan dari sejumlah parpol koalisi, nama cawapres Jokowi berubah di last minute. Ya, Mahfud Md batal jadi cawapres Jokowi. Ma’ruf Amin, diumumkan Jokowi sebagai cawapres pendampingnya.

Baca Juga: Rizal Ramli: Tega-teganya Nyebut Gue Bodoh, Mahfud Lu Siapa?

Curhat ke Rizal Ramli

Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli membenarkan batalnya Mahfud menjadi Cawapres Jokowi. Mahfud berkeluh kesah di kediaman Rizal.

“Ya waktu abis jadi enggak jadi jadi wakil presiden nya pak Jokowi dia datang ke sini ngobrol,” ujar Rizal secara eksklusif kepada Pantau.com di rumahnya, Jumat (6/1/2022).

Percaya diri Mahfud seolah luntur saat itu di Istana negara yang sedang menunggu giliran. Luapan emosi seolah tumpah dan bersandar di bahu Bang Rizal di kawasan Bangka, Jakarta Selatan.

“curhat merasa dilecehkan karena dibatalkan (menjadi cawapres),” kata pakar ekonomi tersebut.

Mahfud vs Rizal Ramli

Kini, Mahfud dan Rizal Ramli sedang ramai di media sosial Twitter terkait Perpu Cipta Kerja yang diteken Jokowi, 30 Desember 2022.

Hal ini dikritik oleh Mantan Menkeu ini karena akan merugikan rakyat kecil.

Saat ditemui Pantau.com, Rizal Ramli menyayangkan sikap Menko Polhukam Mahfud MD yang emosional dalam menerima kritiknya.

“Tega-teganya bilang Rizal Ramli bodoh. Mahfud, lu tuh siapa? Jadi, nunjukin kalau dia tuh panik. Dia tahu kalau dia tuh bela yang nggak benar, akhirnya emosi,” ungkap Rizal saat wawancara eksklusif bersama pantau.com, Jumat (6/1/2023).

Rizal mengaku, hubungannya dengan Mahfud sesungguhnya sangat baik sejak zaman Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kala itu, Mahfud menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Rizal sebagai Menko Ekuin.

Baca Juga: Ogah Dinikahi Kekasih Gelap Jadi Motif Mutilasi Ecky, Mayat Disimpan di Kontrakan

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni