Ganjar soal Pelonggaran Aturan Masker: Kita Sadar Diri

Headline
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyampaikan sambutan pada peresmian Gedung Islamic Center Kabupaten Jepara, Kamis (12/5/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov JatengGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyampaikan sambutan pada peresmian Gedung Islamic Center Kabupaten Jepara, Kamis (12/5/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

Pantau.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat sadar diri terkait dengan pelonggaran aturan memakai masker di ruang terbuka oleh pemerintah.

“Dengan pengalaman kita hampir tiga tahun, kita sadar diri,” kata Ganjar di Semarang, Rabu (18/5/2022).

“Kapan kita harus memproteksi diri sehingga sekali lagi kalau di tempat terbuka. Yang kedua ketika kita agak tidak enak badan, segera kita pakai masker sehingga kita bisa memproteksi,” sambungnya.

Ganjar tetap menekankan masyarakat untuk melihat situasi dan kondisi berada misalnya saat beraktivitas di luar ruangan dan ada kerumunan orang.

“Tapi tetap saja kalau di sebuah kerumunan, di luar jaraknya terlalu pendek, saya menyarankan tetap pakai masker. Kalau kerumunan tidak banyak menurut saya tidak pakai masker tidak apa-apa,” ujar mantan anggota DPR RI itu.

Ganjar sepakat dengan pernyataan pakar tentang memakai masker tidak hanya melindungi diri dari COVID-19, tapi juga penyakit lain seperti hepatitis akut yang baru-baru ini muncul dan menjangkit anak-anak.

“Itu kan juga ada anak-anak yang potensi bisa terkena hepatitis akut,” jelasnya.

“Itu juga bisa akan disampaikan, tapi sampai saat ini belum ada penjelasan dari otoritas kesehatan yang menyampaikan bagaimana model penularan dan sebagainya.” lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk anak-anak memang harus hati-hati.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan kebijakan pelonggaran aturan pakai masker untuk aktivitas di luar ruangan, Selasa (17/5).

Namun seseorang harus memakai masker saat beraktivitas di dalam ruangan atau ruangan tertutup dan transportasi publik.

Kelompok rentan seperti lansia, orang dengan komorbid dan bergejala batuk dan pilek, baiknya tetap memakai masker saat beraktivitas,

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara