Pantau Flash
Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Mulai Berlaku Besok
Vonis 4 Tahun Kiagus Diwarnai Isak Tangis Sang Istri
Sah, RUU Ibu Kota Negara Jadi Undang-Undang
Lexus Boyong LX600 Off Road ke Tokyo Auto Salon 2022
Corona Belum Selesai, Muncul Lagi Virus Baru Bernama Flurona

Hai Pengguna TransJakarta, Catat Modifikasi 6 Rute untuk Hari Ini

Hai Pengguna TransJakarta, Catat Modifikasi 6 Rute untuk Hari Ini Bus TransJakarta memasuki Halte Bundaran HI, Jakarta, Senin (12/10/2020). (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Pantau.com - TransJakarta kembali melakukan modifikasi enam rute imbas dari aksi mahasiswa menolak UU Cipta Kerja di kawasan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

"Pertama modifikasi layanan kita lakukan pada rute Koridor 1 Blok M-Kota," ujar Direktur Operasional TransJakarta Prasetia Budi dalam keterangannya, Jumat (16/10/2020).

Untuk layanan mengarah ke kota dari Blok M layanan akan menuju Sarinah. Lalu dari traffic light (TL) Sarinah keluar jalur menuju TL Bank Indonesia. Bus lalu belok kiri ke Jalan Kebon Sirih melewati Hotel Milenium belok kiri ke Jalan Fachrudin. Masuk ke Jalan Jati Baru lalu Jalan Cideng Barat sampai di TL Tarakan diarahkan ke arah Halte Petojo. Dari titik itu, layanan akan diarahkan ke TL Harmoni dibelokkan ke kiri Harmoni hingga ke Kota.

Sementara itu, untuk layanan koridor 1 mengarah ke Blok M, memiliki rute Kota-Harmoni-Lampu Merah Harmoni-Belok kiri-putar balik setelah halte Juanda-Halte Petojo-keluar jalur-Tarakan belok kiri-Jalan Cideng Timur-Jalan Jati Baru-Hotel Tugu Asri-TL Hotel Milenium-Jalan Kebon Sirih-TL Bank Indonesia belok kanan-Halte Sarinah-Blok M. Ada dua halte yang tidak dilewati bus pada Koridor 1, yaitu Halte Monas dan Halte Bank Indonesia.

Baca juga: Pengamanan Berlapis Kawal Aksi BEM SI Tolak Omnibus Law di Istana Negara

Selanjutnya modifikasi dilakukan di rute Koridor 2 Pulogadung-Harmoni, dengan tiga halte tidak melayani penumpang, yaitu Halte Kwitang, Halte Monas, dan Halte Gambir 2, berikut modifikasi rute Koridor 2.

Untuk layanan mengarah ke Harmoni melayani via jalur Senen-Gunung sahari-TL Golden Truly-belok kiri-alan Samanhudi-Tembus Mangga Besar-Harmoni.

Kemudian rute mengarah ke Pulogadung, setelah pelayanan di Halte Harmoni bus berbelok kiri-di simpang Harmoni melintasi Jalan Veteran-Pasar Baru-lurus simpang Armabar-belok kanan-Masuk jalur Koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu)-Halte Budi Utomo-Senen-elok kiri-Pulogadung.

Rute ketiga yang mengalami modifikasi layanan adalah rute koridor 3 Kalideres-Pasar Baru yang hanya mengalami modifikasi rute layanan mengarah ke Halte Harmoni. Bus melayani lewat Jalur Tomang-TL Harmoni-belok kiri-Halte Harmoni-Kembali ke Kalideres.

Layanan keempat yang mengalami modifikasi adalah layanan non BRT 1A dengan rute PIK-Balai Kota. Khusus hari ini layanan mengalami perpendekan rute dari PIK hanya sampai ke Kota.

Baca juga: Demo PA 212 di Istana, TransJakarta Stop Seluruh Operasional

Adapun halte-halte non-BRT yang tak dilewati layanan adalah Bus Stop Glodok, Bus Stop Olimo, Bus Stop Mangga Besar, Bus Stop Sawah Besat, Bus Stop Harmoni, Bus Stop Monas dan Bus Stop Balai Kota.

Rute kelima yang mengalami modifikasi adalah rute 5C PGC-Harmoni. Hanya layanan yang menuju Harmoni yang mengalami modifikasi. Melayani via jalur Samanhudi- Senen-Gunung Sahari-TL Golden Truly-Jalan Samanhudi-tembus Mangga Besar.

Terakhir untuk rute koridor 6 dengan rute 6A Ragunan- Monas via Kuningan dan 6B Ragunan- Monas via Semanggi, layanan bus dimodifikasi hanya melayani hingga Halte Tosari. Untuk rute 6A dan 6B ada 4 halte yang tidak melayani yaitu halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia dan Halte Monas.

"Selain rute-rute di atas, operasional kami masih berjalan normal. Kendati begitu, TransJakarta bekerjasama dengan pihak Polda Metro Jaya guna memastikan keamanan baik pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional TransJakarta hari ini," ujar Prasetia.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: