Hari Ini Komnas HAM ke Rumah Sambo TKP Pembunuhan Brigadir J

Headline
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (Foto: tangkapan layar)

Pantau – Komnas HAM akan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, hari ini, Senin 15/8/2022). Ini dilakukan guna membuat terang kasus tersebut.

“Dalam rangka pemantauan dan penyelidikan peristiwa meninggalnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Tim Komnas HAM RI telah melakukan sejumlah proses. Untuk melengkapi proses tersebut, Tim Komnas HAM RI akan melakukan peninjauan Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang terletak di Kompleks Polri Duren Tiga,” kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam dalam keterangan tertulis.

Komnas HAM akan melakukan tinjauan pukul 15.00 WIB. Anam berharap peninjauan yang dilakukan bisa membuat peristiwa kian jelas.

“Pada Senin, 15 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB. Peninjauan langsung ke lokasi peristiwa diharapkan semakin membuat terangnya peristiwa,” kata dia.

Diketahui, Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana Brigadir J. Ia juga disebut menyusun skenario seolah-olah terjadi tembak-menembak antara Bharada E dengan Brigadir J di rumah dinasnya.

Selain Sambo, Bharada E, Bripka Ricky Rizal dan Kuwat Maruf juga ditetapkan sebagai tersangka. Sambo terancam hukuman mati.

“Dari hasil pemeriksaan menurut peran, penyidik menetapkan pasal 340 subsider pasal 338, juncto 55, juncto 56 KUHP,” ujar Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

“Ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup atau penjara selama-lamanya 20 tahun,” imbuh Agus. [Laporan Kiki]

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan