Hasil Survei LSI Denny JA: Bukan Gerindra, Ternyata Partai Ini yang Mampu Saingi PDIP

Peneliti Lembaga Survei LSI Denny JAPeneliti Lembaga Survei LSI Denny JA

Pantau.com – Aksi jitu Partai Golkar menjadikan Airlangga Hartato sebagai ketua umum berbuah manis. Terbukti, elektabiltas Partai Golkar kini mampu menyaingi PDIP sebagai partai unggulan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabilitas Golkar meningkat sebanyak 3,9 persen dari Agustus 2017 yang hanya 11,6 persen. Meningkat menjadi 15,5 persen pada Januari 2018.

Berbanding terbalik dengan PDIP yang justru mengalami penurunan sebesar 6,1 dari 28,3 persen menjadi 22,2 persen pada waktu bersamaan. Hal ini dipercaya karena beralihnya pendukung PDIP partai berlambang pohon beringin itu.

“Karena pemilih Golkar sempat kecewa terkait E-KTP pindah ke PDIP, akhirnya balik lagi ke kandang Golkar,” jelas peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar di kantor LSI, Graha Dua Rajawali, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018).

Sosok Airlangga mampu membuat image baru dengan tagline ‘Golkar Bersih’ yang meliputi tiga program unggulan. Yakni, sembako terjangkau, lapangan pekerjaan, hunian murah. “Kembalikan kepercayaan publik, sehingga kemungkinan PDIP bersaing dengan Golkar (di pemilu mendatang),” tandas Rully.

Survei dilakukan dengan responden sebanyak 1.200 orang yang dipilih berdasarkan multi stage random sampling. Wawancara tatap muka dengan responden dilakukan serentak di 34 propinsi dari tanggal 7 sampai tanggal 14 Januari 2018. Dengan Margin of error survei ini adalah plus minus 2.9 persen. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta