Pantau Flash
Stadion Klabat Jadi Kandang Persipura di Liga 1 Musim 2020
Zidane: Guardiola Pelatih Terbaik Dunia
Budi Karya: Pemerintah Akan Gelar Sayembara Desain Bandara Ibu Kota Baru
Virus Korona Telah Sampai Amerika Selatan, Brazil Konfirmasi Korban Pertama
Indonesia Keluar dari Negara Berkembang, Menperin: RI Perlu Persiapan

Hasil Survei Menunjukkan Jokowi-Amin Ungguli Prabowo-Sandi, tapi...

Hasil Survei Menunjukkan Jokowi-Amin Ungguli Prabowo-Sandi, tapi... Jokowi dan Prabowo (Ilustrasi Pantau.comAmin H. Al Bakki)

Pantau.com - Lembaga survei Charta Politika menyebut bahwa elektabilitas paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih unggul cukup jauh jika dibandingkan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, paslon nomor urut 02.

Sebab, berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, kubu petahana meraih suara sebanyak 53,6 persen. Sedangkan, untuk kubu oposisi meraih suara sebanyak 35,4 persen.

"Pada pengujian tingkat elektabilitas pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dibanding dengan Prabowo-Sandi," ucap Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di kantor Lembaga Survei Charta Politika, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Baca juga: Jokowi-Amin Unggul di Semua Wilayah Kecuali Sumatera, Kata Survei Ini

Selain itu, dalam hasil survei itu tercatat ada 11 persen masyarakat yang belum menggunakan hak suaranya lantaran belum menentukan pilihannya.

Meski demikian, kata Yunarto, dari data itu juga terlihat bahwa kedua pasangan calon mengalami peningkatan eletabilitas jika dibandingkan pada hasil survei pada bulan Januari lalu.

"Kalau dilihat dari hasil sebelumnya, tren elektabilitas kedua capres-cawapres mengalami peningkatan," kata Yunarto.

Baca juga: Cerita dari Singapura, Pemilu Lebih Meriah dari Perayaan Idul Fitri

Survei Charta Politika dilakukan pada tanggal 1 hingga 9 Maret 2019 dengan cara wawancara tatap muka secara langsung dan kuesioner terstruktur.

Selain itu, survei itu berdasarkan dari 2000 responden yang tersebar di 34 Provinsi. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of eror 2,19% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Reporter
Rizky Adytia Pramana
Category
Nasional

Berita Terkait: