Pantau Flash
7 Siswa Lemdikpol Polri di Sukabumi Dinyatakan Positif Korona
Pesawat Lionair Misi Medis Meledak di Filipina, Seluruh Penumpang Tewas
Olimpiade Ditunda, Jepang Pertanyakan Siapa yang Akan Bayar Tagihan
Bogor Siapkan Dua Skenario Lockdown Berkaca dari DKI Jakarta
Dua Pasien RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia

Hoaks! Beredar Kabar BJ Habibie Meninggal Dunia

Headline
Hoaks! Beredar Kabar BJ Habibie Meninggal Dunia BJ Habibie. (Foto: Antara/Andika Wahyu)

Pantau.com - Beredar kabar di sosial media mengenai isu Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia. Namun kabar tersebut dipastikan tidak benar atau hoaks. 

Habibie memang tengah sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Namun kabar meninggalnya langsung ditepis pihak Habibie. 

"Alhamdulillah beliau (Habibie) masih diberikan usia. Hanya masih dibantu alat pernafasan," ucap sumber terpercaya pihak Habibie yang enggan disebut namanya, seperti diberitakan Antara, Selasa (10/9/2019). 

Baca juga: Dibiayai Pemerintah, Begini Kondisi Terkini BJ Habibie

Informasi meninggalnya Habibie beredar melalui pesan pada Facebook. Kemudian disebarkan lagi melalui Whatsapp oleh orang-orang yang membaca pesan tersebut di Facebook. Pesan itu muncul sejak Selasa dinihari sekitar pukul 00.00 WIB, namun dihapus pada pukul 05.00 WIB.

Selain itu, lokasi Habibie dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak pukul 05.40 WIB, tidak terlihat adanya pengawalan atau kolega dan pejabat negara yang menjenguk sebagaimana lazimnya ketika seorang tokoh bangsa meninggal dunia.

Baca juga: Infografis 5 Karya Fenomenal Buah Kejeniusan Seorang BJ Habibie

Akses menuju ruang Cardiac Intensive Care Unit (CICU) tempat Habibie dirawat juga tampak lengang. Dari informasi terakhir yang beredar, Habibie menjalani perawatan intensif di ruangan CICU lantai 2, Gedung Utama RSPAD sejak Senin (2/9) lalu.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Nani Suherni
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: