Pantau Flash
Kompetisi J-League Ditunda Akibat Virus Korona
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern
Polri: Pemilik Zat Radioaktif Ilegal yang Gemparkan Tangsel Pegawai BATAN

Ibu Kota Resmi Pindah, #IbuKotaBaru langsung Trending Topic di Twitter

Headline
Ibu Kota Resmi Pindah, #IbuKotaBaru langsung Trending Topic di Twitter #IbuKotaBaru jadi trending topik nomor satu di twitter Indonesia. (foto: twitter)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengumumkan pemindahan ibu kota ke Kabupaten Panajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Selain mengumumkan secara langsung di istana negara, Jakarta, siang tadi, Jokowi juga menyampaikan perpindahan ibukota pada akun resmi media sosialnya di twitter pada pukul 15.11 WIB. 

Baca juga: DPR Sudah Terima Surat Pengkajian Pemindahan Ibu Kota dari Presiden Jokowi

Jokowi memposting gambar peta Kalimantan dan mengarsir daerah Kabupaten Panajam Paser Utara juga Kabupaten Kutai Kartanegara dengan warna merah. Kemudian Jokowi menuliskan, "Pada siang yang berbahagia ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan kajian mendalam, terutama tiga tahun terakhir. Hasilnya, lokasi ibu kota baru paling ideal adalah di Kalimantan Timur, sebagian di Kab. Penajam Paser Utara dan sebagian di Kab. Kutai Kartanegara." tulis Jokowj.

Kabar tersebut langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Berbondong-bondong warganet mengomentari postingan tersebut. Hingga muncul tanda pagar #IbuKotaBaru yang menjadi trending topic pertama di Twitter Indonesia.

Hingga pukul 16.30 WIB, sebanyak 13 ribu cuitan dengan #IbuKotaBaru. Cuitan yang muncul beragam, ada yang mendukung pemindahan ibu kota, tak sedikit juga yang mempertanyakan keputusan itu. Tapi bukan warga twitter namanya kalau tidak membuat cuitan konyol. 

Baca juga: Jadi Ibu Kota Baru, Ini Deretan Destinasi Wisata Unggulan Penajam dan Kutai

Seperti cuitan dari pengguna akun @melianach. Ia menuliskan pelesetan singkatan kota-kota yang ada di sekitar Kalimantan Timur. Jika di Jakarta, kota-kota di sekitarnya disingkat Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Maka Kalimantan Timur punya Sambal Terong Pedas (Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Penajam, dan sekitarnya).

"Baiklah.#IbuKotaBaru Selamat datang di area sambal terong pedas. Selamat buat Kalimantan Timur. ????????" tulisnya. 

Tak kalah kreatif, akun @NiL16240735 juga membuat cuitan dengan menggunggah foto editan pemindahan Monas yang menjadi ikon Jakarta. 


Ada pula yang memposting tren fashion anak ibu kota nantinya dengan pakaian adat Dayak yang merupakan salah satu suku di Kalimantan. 


Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Lilis Varwati
Category
Nasional

Berita Terkait: