Pantau Flash
Pemerintah Optimistis Investasi Listrik Meningkat 39 Miliar Dolar
Erick Thohir Berencana Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia
BI Targetkan Pertumbuhan Kredit 2020 di Kisaran 9-11 Persen
11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu Akan Rampung di 2020
Gilas Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Idham Dinilai Tak Penuhi Syarat Minimal Jadi Kapolri, DPR Ogah Pusing

Idham Dinilai Tak Penuhi Syarat Minimal Jadi Kapolri, DPR Ogah Pusing Komjen Pol Idham Azis (Foto: Antara)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, penunjukan calon Kepala Polri (Kapolri) merupakan hak prerogatif Presiden sehingga tidak bisa dicampuri. 

"Penunjukan calon Kapolri itu hak prerogatif Presiden Jokowi, kalau yang diusulkan masa tugasnya tinggal 1 sampai 1,5 tahun, itu hak prerogatif Presiden," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Dasco menilai penunjukan Komjen Pol Idham Aziz sebagai calon Kapolri tidak cacat hukum sehingga tinggal menunggu proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.

Baca Juga: IPW Desak DPR Tolak Nama Idham Azis Jadi Kapolri, Ini Alasannya

Selain itu Waketum Partai Gerindra itu juga mengungkapkan, Surat Presiden (Supres) yang mengajukan nama Idham Aziz sudah diterima Pimpinan DPR pada Rabu 23 Oktober 2019 dan dalam waktu dekat akan dibahas di Rapat Pimpinan.

"Apabila komisi yang sudah terbentuk dalam hal ini Komisi III DPR sudah ditetapkan pimpinan dan anggotanya, maka sesuai batas waktu yang ada, kemungkinan akan segera diadakan uji kelayakan," ungkapnya.

Dasco mengatakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sudah dibentuk sehingga tinggal dimasukkan nama-nama anggota dari tiap fraksi dan ditetapkan anggota-anggotanya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPR bidang Polhukam Aziz Syamsuddin akan membicarakan dengan Komisi III DPR RI untuk melakukan uji kelayakan calon Kapolri.

Baca Juga: Idham Azis Persiapkan Diri Jelang Fit and Proper Test Calon Kapolri

Sebelumnya diberitakan, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane meminta kepada Komisi III di DPR RI untuk menolak nama Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis sebagai calon tunggal menjadi Kapolri untuk gantikan Jenderal Pol Tito Karnavian yanhg kini resmi menjabat sebagai Mendagri.

"IPW mendesak Komisi III DPR harus menolak uji kepatutan untuk calon Kapolri Idham Azis," kata Neta saat dihubungi di Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019.

Menurutnya, sesuai dengan ketentuan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), sosok Idham tidak memenuhi syarat minimal masa jabatan untuk menjadi Kapolri.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: