Imbas Hujan Deras, Pemukiman di Mamuju Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Headline
Banjir merendam wilayah Kelurahan Mamunyu Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju, Jumat (18/11/2022), mengakibatkan warga mengungsi dan menyelamatkan barang berharga miliknya ke tempat yang lebih aman. ANTARA/M Faisal Hanapi

Pantau –  Hujan deras yang terjadi sejak Jumat (18/11/2022) pukul 04,00 WITA membuat Sungai Mamunyu yang melintas di Kota Mamuju meluap sehingga air banjir merendam pemukiman di Kelurahan Mamunyu Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Pemukiman warga yang berada di sekitar pinggir sungai menjadi terendam dengan ketinggian sekitar satu meter sehingga sebagian warga mengungsi.

“Pemukiman warga terendam hingga setinggi perut manusia dewasa di sekitar jalan Ir Juanda Kota Mamuju, dan sekitar pinggir Sungai Kota Mamuju yang terletak di Kelurahan Mamunyu,” kata Iksan salah seorang warga.

Menurut dia, peristiwa banjir tersebut baru pertama kali terjadi sehingga membuat panik warga, banjir tersebut dianggap warga cukup parah sehingga warga terpaksa mengungsi ke tempat aman.

“Hujan berlangsung cukup lama hingga delapan jam sehingga merendam ratusan rumah di wilayah itu,” katanya.

Ia mengatakan, banjir juga merendam jalur trans Sulawesi serta sejumlah sekolah dan fasilitas pemerintah.

Sementara itu Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, telah meminta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membantu warga yang terdampak banjir

Ia juga meminta agar warga Kota Mamuju dan sekitarnya tetap waspada karena cuaca ekstrem terjadi dapat mengakibatkan banjir dan longsor.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
M. Abdan Muflih
Penulis
M. Abdan Muflih