Pantau Flash
Ditresnarkoba: China Pemasok Terbesar Narkoba ke Indonesia
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo Jadi Komut BRI
Presiden Jokowi Minta Segera Disiapkan Timnas Basket yang Tangguh
Persebaya Lolos ke Final Piala Gubernur Jatim 2020 Usai Bungkam Arema 4-2
Pelindo I Resmi Jadi Anggota Kadin

Ini 5 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Headline
Ini 5 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia Pembacaan Teks Proklamasi (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Republik Indonesia tengah merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-74, tepat hari ini 17 Agustus 2019. Di tanggal bersejarah ini, kita patut bersyukur hidup di era merdeka, tanpa dijajah bangsa asing. Berbeda halnya dengan buyut atau kakek kita yang mengalami masa penjajahan.

Berkat perjuangan para pahlawan negeri, kita akhirnya bisa terbebas dari penjajahan. Setelah mengalami masa kemerdekaan, Indonesia tentunya membutuhkan pengakuan internasional. Pasalnya, salah satu syarat berdirinya suatu negara adalah mendapat pengakuan kedaulatan dari negara lain.

Lalu, tahukah kamu negara mana saja yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia selepas merdeka?

1. Mesir


Persahabatan Indonesia dan Mesir telah terjalin lama (Foto: Istimewa)

Mesir adalah negara pertama yang memberikan pengakuan kedaulatan terhadap Indonesia. Negara yang terletak di Afrika Utara itu mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946. 

Hubungan baik kedua negara pun terjalin hingga saat ini.

2. Suriah

Suriah menjadi negara kedua yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Negara yang baru berkecamuk akibat perang saudara ini dulunya turut memperjuangkan persoalan yang dihadapi Indonesia untuk dibahas dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1947. Seperti diketahui, masa-masa setelah proklamasi kemerdekaan tahun 1945, Indonesia masih diganggu oleh Belanda lewat agresi militernya.

Baca juga: 5 Negara yang Pernah Dijajah oleh Indonesia


3. Lebanon

Lebanon jadi negara ketiga yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan secara de-jure yang diberikan kepada NKRI terjadi pada tanggal 29 Juli 1947. Di situlah, hubungan bilateral antara Indonesia dan juga salah satu negara yang terletak di Timur Tengah itu pun dimulai. Pada mulanya, Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Mesir turut diakreditasikan dalam mengelola hubungan diplomasi dengan negara Lebanon. Tetapi, Kedutaan Besar RI untuk Lebanon pada akhirnya didirikan secara resmi di Beirut tahun 1996.

4. Yaman

Masih dari Jazirah Arab, Yaman adalah negara keempat yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan itu diberikan Yaman pada 3 Mei 1948. Hingga kini hubungan bilateral antara kedua negara masih terjalin baik, terutama di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.


5. Arab Saudi

Hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Indonesia secara resmi sudah dimulai pada tanggal 1 Mei 1950. Beberapa hubungan kedua negara ini yang paling tampak ialah adanya kesempatan kerja bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi dan juga kerja sama di bidang haji.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: