Ini Cerita Pertemuan Jokowi dengan Presiden Rusia dan Ukraina

Tangkapan layar - Presiden Jokowi memberikan sambutan di Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/8/2022) malam. ANTARA/Indra AriefTangkapan layar - Presiden Jokowi memberikan sambutan di Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/8/2022) malam. ANTARA/Indra Arief

Pantau – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menceritakan isi pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang membicarakan soal krisis pangan dunia.

“Saya saat itu ketemu dengan Presiden Ukraina, Presiden Zelensky, dia cerita ke saya ada stok (gandum) di Ukraina di gudang 22 juta ton, stok dalam proses panen 55 juta ton, artinya 77 juta ton gandum diam di Ukraina, tidak bisa keluar karena perang,” kata Presiden Jokowi saat menghadiri acara “Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka” di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (1/8/2022).

“Saya bicara 1,5 jam dengan Presiden Zelensky lalu pindah ke Moskow ketemu Presiden Putin. Dia cerita juga ke saya ada stok gandum di Rusia 130 juta ton, berarti di Ukraina plus Rusia jumlah stok gandumnya ada 207 juta ton, bukan 207 ton tapi 207 juta ton. Inilah yang menyebabkan 333 juta orang kelaparan dan mungkin 6 bulan lagi 800 juta orang akan kelaparan akut karena tidak ada yang dimakan, sekali lagi,” tambah Presiden

Setelah hampir 2,5 tahun seluruh negara mengalami keterpurukan karena pandemi Covid-19, negara-negara di dunia kembali mengalami masalah yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya.

“Baru akan melakukan pemulihan tapi muncul sesuatu yang dadakan yang tidak kita perkirakan sebelumnya, sakitnya belum sembuh, muncul yang namanya perang di Ukraina sehingga semuanya menjadi bertubi-tubi, menyulitkan hampir semua negara, semua negara berada dalam posisi yang sangat sulit,” ungkap Presiden Jokowi.

Zikir dan Doa Kebangsaan di halaman Istana Merdeka ini dihadiri sekitar 100 tokoh yang terdiri atas para kiai, habib, pejabat negara, tokoh berbagai ormas serta tokoh lintas agama. Selain itu, hadir 500 jamaah dan santri dari berbagai pondok pesantren di Indonesia.

Sejumlah pejabat yang hadir antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan pejabat terkait lain.

Seperti yang diketahui, Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, pada Rabu (29/6/2022). Presiden Jokowi juga bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin pada Kamis (30/6/ 2022).

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Firdha Rizki Amalia