Ini Dua Nama Cawapres ‘Zaman Now’ Penentu Kemenangan Pilpres 2019

Peneliti Lembaga Survei LSI Denny JAPeneliti Lembaga Survei LSI Denny JA

Pantau.com –  Jelang PemilIhan Presiden 2019, partai politik seakan berlomba mencari sosok yang akan menjadi capres ataupun cawapres nantinya. 


Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan ada dua nama kuat yang patut diperhitungkan, yaitu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Partai PKB dan Demokrat jadi faktor penentu partai papan atas (PDIP, Golkar, Gerindra) ini untuk pilpres ke depan,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar di Graha Dua Rajawali, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018).

Cak Imin selaku Ketum PKB, jadi calon kuat lantaran figur ketokohannya sebagai cawapres zaman now. Senada dengan AHY yang telah mendapat mandat langsung dari SBY.


Baca Juga: Wiranto Turun Gunung, Konflik Internal Hanura Berakhir Islah

Persaingan kedua nama dan dua partai ini terlihat jelas dari tingkat elektabilitas. PKB dan Demokrat sama-sama memperebutkan posisi ke-4 setelah PDIP, Golkar dan Gerindra. Tingkat elektabilitas PKB sebesar 4,2 persen dan Demokrat 4,0 persen.

“PKB diuntungkan isu Islam yang sedang seksi, ini bisa diambil keuntungan oleh PKB, terutama di Nahdlatul Ulama,” jela Rully.

Setelah nama Demokrat dan PKB, ada 5 partai lama lainnya yang diprediksi belum mendapat posisi aman untuk ikut pemilu legislatif, karena adanya aturan baru terkait Parliamentary Threshold sebesar 4 persen kursi di legislatif,  yakni partai PPP, Nasdem, PKS, PAN dan Hanura. (Dini Afrianti Efendi).

Tim Pantau
Editor
Dera Endah Nirani