Pantau Flash
MPR Dukung Anggaran Sektor Pertanian Ditambah untuk Atasi COVID-19
Rekor Lagi! Ada 1.853 Kasus Baru, Total Positif COVID-19 RI 68.079
OJK Catat 5,29 Juta Debitur UMKM Terima Restrukturisasi Kredit
Kemenkeu: Anggaran COVID-19 untuk Kesehatan Baru Capai 5,12 Persen
Bahas RUU HIP, Presiden Jokowi Bertemu Pimpinan MPR di Istana Bogor

Ini Kata Kapolri Soal Penempatan Pasukan dalam Jumlah Besar di Papua

Ini Kata Kapolri Soal Penempatan Pasukan dalam Jumlah Besar di Papua Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TBI Jenderal Hadi Tjahjanto. (Foto: Antara)

Pantau.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, kehadiran pasukan TNI-Polri di Jayapura, Papua dalam jumlah besar adalah sebagai tanda hadirnya negara yang siap mengamankan warga dari setiap gangguan keamanan.

Memang benar saat ini sekitar 6.000 personel TNI-Polri ditugaskan ke Papua dan keberadaan prajurit itu bukan untuk menakuti warga tetapi memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“TNI-Polri siap memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat,” kata Jenderal Pol Tito Karnavian di Jayapura, Rabu. (4/9/2019).

Baca juga: Pemerintah Mulai Buka Akses Internet Papua Bertahap, Ini Kata Komisi I

Jenderal Pol Tito Karnavian yang pernah menjabat sebagai Kapolda Papua itu mengakui dalam menangani Jayapura, berbeda dengan di Manokwari dan Sorong karena secara geografis dalam mengamankan Jayapura membutuhkan jumlah personil yang lebih banyak.

Pasukan TNI-Polri yang diturunkan di Jayapura memang lebih banyak dibanding Manokwari yang hanya 2.000 an personil disebabkan posisi wilayahnya yang berbentuk bundar sehingga lebih mudah untuk menyetting anggota.

Sedangkan wilayah Jayapura yang terbentang panjang hingga ke Sentani mencapai 45 KM, sambung Tito, jadi alasan pasukan yang dibutuhkan lebih banyak.

Baca juga: Kapolda Papua Barat Ungkap Ada Satu Hal yang Masih Bergejolak hingga Kini

Aksi demo anarkis yang terjadi di Jayapura yang merupakan pusat kegiatan, menjadi pusat kegiatan juga menjadi pertimbangan banyaknya personil yang digelar, bahkan untuk mempermudah operasional anggota, akan didatangkan kendaraan penunjang seperti sepeda motor dan lainnya.

“Secara keseluruhan kondisi keamanan di Jayapura sudah kembali kondusif dan aktifitas masyarakat nampak kembali normal, ” tegas Jenderal Pol Tito.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: