Pantau Flash
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya
Lewis Hamilton Tercepat Hari Pertama Uji Coba Barcelona

Ini Pesan Anies Baswedan kepada Warga Jakarta Hadapi Musim Kemarau Panjang

Ini Pesan Anies Baswedan kepada Warga Jakarta Hadapi Musim Kemarau Panjang Anies Baswedan. (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

Pantau.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga DKI Jakarta bersiap untuk menghadapi ancaman kemarau panjang yang mengancam sebagian besar wilayah Indonesia dengan salah satu caranya lewat menghemat penggunaan air.

"Saya rasa siapapun sudah harus menghemat penggunaan air. Apapun kegiatan kita, sebisa mungkin hemat air," ucap Anies di Jakarta.

Baca juga: Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan

Selain itu, lanjut dia, Anies meminta agar pengolahan saluran air dengan baik agar sebisa mungkin digunakan kembali guna keperluan lainnya.

"Gunakan saluran-saluran untuk mengolah air dengan baik sehingga air itu bisa dipakai kembali," kata Anies.

Baca juga: Penjelasan Anies Baswedan Soal RAPBD DKI Jakarta 2020 Capai Rp95 Triliun

Saat ini, ucap Anies, DKI telah menyelesaikan draf Instruksi Gubernur terkait Pengelolaan Air saat Kemarau. Rancangan Ingub tersebut sudah diselesaikan pada 6 Agustus 2019 dan akan segera diumumkan.

"Nanti kalau sudah Ingub selesai, kami akan umumkan terkait dengan langkah-langkah yang akan dilakukan Pemprov DKI untuk mengantisipasi kemarau panjang di wilayah Jakarta," ucap Anies.

Sebelumnya, Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Tangerang Selatan telah mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis di wilayah Banten dan DKI Jakarta. BMKG mengingatkan bahwa diperlukan kewaspadaan terkait adanya ancaman kekeringan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: