Pantau Flash
Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris Positif COVID-19
Tim SAR Kerahkan 4 Helikopter ke Paniai Evakuasi Heli PT NUH
Total Kasus Positif di Lingkungan KPK Mencapai 115 Orang
Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB
Belum Bayar Utang ke Negara, Bambang Trihatmodjo Dicegah ke Luar Negeri

Isi Kursi Ketua DPR, Puan Maharani: Silakan Cek Kapabilitas Saya!

Isi Kursi Ketua DPR, Puan Maharani: Silakan Cek Kapabilitas Saya! Puan Maharani (Foto: Antara)

Pantau.com - Ketua DPP PDI Perjuangan nonaktif Puan Maharani, menegaskan bahwa dirinya tak takut jika dites terlebih dahulu sebelum menduduki kursi ketua DPR RI. Baginya ia berpegang kepada Undang-Undang dimana hak kursi ketua DPR RI akan diduduki oleh partai pemenang pemilu.

Seperti diketahui berdasar UUD MD3 partai pemenang Pemilu yang berhak mendapatkan kursi Ketua DPR RI dan salah satu kader yang mendapatkan suara paling tinggi adalah Puan.

Baca Juga: NasDem Dukung Puan Maharani Jadi Ketua DPR

"Ya kalau mau dilihat mau dicek (kapabilitas) ya silakan saja. Tapi kan ini posisi Ketua DPR itu merupakan posisi penugasan politik atas dasar undang-undang yang menyatakan bahwa partai pemenang pemilu akan mendapatkan posisi Ketua DPR," kata Puan di sela-sela Kongrss V PDIP, Hotel Grand Inna Beach, Bali, Jumat (9/8/2019).

Kendati begitu, putri Megawati Soekarnoputri itu pun meyakini dirinya memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menduduki posisi Ketua DPR RI.

"Ya dilihat saja sendiri bahwa alhamdulliah saya sudah tiga kali menjadi caleg kemudian jadi anggota DPR ya dicek sendiri saja. Suara saya terakhir 404 ribu merupakan suara terbanyak di nasional dan lain-lain sebagainya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat mengisyaratkan agar Puan menjadi Ketua DPR RI. Hal itu, bermula saat Megawati menceritakan bagaimana cara dirinya memenangkan putrinya itu dengan memperoleh suara terbanyak.

Baca Juga: Harapan Puan Maharani di Hari Ulang Tahun Megawati

“Mbak Puan saya jadikan pengampu, pengampu dia. Tanggung jawab ya sama Jawa Tengah. Terus saya perintahnya, arek-arek ngeroh iki sopo? Mbak Puan Maharani. Iyo, sopo de e? Anaknya Ibu Mega. Iyo, mesti dapat suaranya 500 ribu. Menang dah dia,” kata Megawati saat berpidato pada acara pembukaan Kongres V PDIP, di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis, 8 Agustus 2019.

Kemudian, Megawati pun sempat menyinggung soal UU MD3 ke beberapa Ketua Umum Partai yang turut hadir di Kongres V PDIP. Salah satunya kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Pak Airlangga, itu juga yang baju ijo, jangan lagi blenjani lho. MD3 lho. Dilihat sama anak-anakku. Dulu kita dikibulin terus. Untung Ibu Megawati lapang dada,” ungkapnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: