Jalan Terjal Proyek LRT

Infrastruktur LRT roboh (foto:Istimewa)Infrastruktur LRT roboh (foto:Istimewa)

Pantau.com – Keinginan besar memiliki angkutan massal yang cepat, modern dan murah, memerlukan kesabaran dan pengorbanan masyarakat. Sabar karena harus menunggu lama selesainya pembangunan infrastruktur. Belum lagi pengorbanannya. Pembangunan infrastruktur angkutan massal ini beberapa kali dirundung celaka.

Namun, sejak pertama kali dimulai pembangunan infrastruktur proyek Light Rail Transit (LRT), nyatanya telah menelan banyak korban. Berikut deretan kasus kecelakaan yang timbul akibat pembangunan infrastruktur LRT:


1. Konstruksi LRT di Kayu Putih roboh


Yang paling terbaru adalah robohnya Box Girder Bentang P28 – P29, di Jalan Kayu Putih Raya, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur pada Senin (22/1/2018). Kecelakaan ini menyebabkan lima orang pekerja proyek terluka. PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) sebagai kontraktor pelaksana menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman publik yang diakibatkan oleh kejadian ini. Hingga saat ini, penyebab kecelakaan ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.


2. Tiang proyek LRT di depan Menara Saidah roboh


Sebuah tiang menara LRT di depan Menara Saidah,Jl. MT Haryono, Jakarta Selatan roboh pada Jumat 13 Oktober 2017 lalu. Peristiwa itu terjadi karena tanah di sekitar proyek pembangunan mengalami amblas setelah diguyur hujan deras sejak Kamis 12 Oktober 2017. Tidak ada korban jiwa maupun kerusakan parah pada peristiwa ini.


3. Crane LRT timpa rumah Warga


Kecelakaan juga pernah terjadi pada Selasa 17 Oktober 2017 lalu. Sebuah Crane alat berat proyek pembangunan LRT roboh dan menimpa sebuah ruko di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rumah yang tertimpa itu rusak di bagian atap. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun menyebabkan arus lalu lintas di sekitar lokasi macet parah karena ruas jalan di lokasi kecelakaan ditutup.


4. Crane proyek LRT Palembang roboh timpa dua rumah


Sedangkan di Palembang Sumatera Selatan, sebuah crane proyek LRT roboh dan menimpa dua rumah warga pada Selasa 1 September 2017 lalu. Peristiwa berawal ketika operator alat berat mengoperasikan crane crouler untuk mengangkat landasan rel LRT untuk dipasang pada posisinya. Namun malang, ketika Steel bok sudah berada di atas, aspal yang menopang crane amblas dan crane seberat 70 ton itu menimpa rumah warga. Akibatnya kecelakaan ini 8 orang warga mengalami luka-luka.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Octora Anggon