Pantau Flash
Dilarikan ke Puskesmas! Puluhan Warga Alami Luka Bakar Akibat Awan Panas Gunung Semeru
Jembatan Penghubung Lumajang-Malang Putus Diterjang Lahar Dingin Gunung Semeru!
Polri Sosialisasikan Pengangkatan 57 Eks Pegawai KPK Pekan Depan
Gunung Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Perintahkan Segera Evakuasi Warga
Gunung Semeru Erupsi, Warga Diperingatkan untuk Selamatkan Diri

Jarang Ada yang Tahu, Ternyata 5 Negara Ini Berbatasan dengan Indonesia!

Headline
Jarang Ada yang Tahu, Ternyata 5 Negara Ini Berbatasan dengan Indonesia! Peta Indonesia (Foto: Mapsindonesia.com)

Pantau.com - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Memang sudah selayaknya julukan negara maritim disematkan kepada bangsa ini. Tentu sebagai sebuah negara tak terlepas dari adanya negara lain sebagai tetangga.

Sejumlah negara tak ayal juga terbentuk dari adanya pecahan pulau-pulau yang tadinya merupakan bagian dari Indonesia. Misalnya saja Timor Leste, negara tersebut adalah bagian dari Indonesia dikenal dengan nama Timor Timor.

Tapi tahukah kamu, bukan hanya Timor Leste saja kini yang menjadi tetangga alias berbatasan dengan Indonesia. Namun ada juga negara-negara lain yang jarang ada yang tahu berbatasan dengan Indonesia. Tentunya kita tidak membahas Malaysia, Singapura, atau Australia.

Berikut 5 negara yang berbatasan dengan Indonesia, yang jarang diketahui:

1. India


Taj Mahal India (Foto: Pixabay)

Mungkin banyak yang baru tahu jika India termasuk negara yang berbatasan dengan Indonesia. 

Secara geografis daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India, tapi keduanya memiliki batas wilayah pulau di mana ada titik tertentu di sekitar Samudera Hindia dan Laut Andaman. Meski India terletak di Asia Selatan, nyatanya salah satu pulau negara itu berbatasan dengan perairan Indonesia. 

Pulau Nicobar yang masuk wilayah India berbatasan dengan Pulau Ronde, Provinsi Aceh.

2. Palau


Palau (Foto: Pixabay)

Negara Palau adalah kepulauan kecil di Samudera Pasifik. Wilayahnya seluas 459 kilometer persegi dengan delapan pulau utama dan 250 pulau kecil. Negara ini berbatasan dengan Indonesia (Papua dan Maluku) serta Filipina. Jumlahnya penduduknya sekitar 21.000 jiwa.

3. Vietnam


Peta Perairan Vietnam (Foto: Wikipedia)

Pulau Sekatung di Kepulauan Natuna Indonesia dan Pulau Condore di Vietnam tercatat juga sebagai lokasi perbatasan antara Indonesia dengan negara Vietnam. Tak ayal Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti juga kadang disibukkan dengan meledakan kapal-kapal yang mencuri ikan di perairan Indonesia khususnya kapal-kapal yang datang dari Vietnam.

4. Thailand


Pantai di Thailand (Foto: Kuino)

Secara geografis Thailand agak jauh jaraknya dengan daratan Indonesia jika dibandingkan dengan Malaysia. Namun tahukah kamu, jika Thailand ternyata juga berbatasan dengan Tanah Air, hanya saja berbatasan secara perairan. Hal tersebut ditandai dengan Selat Malaka bagian utara dan Laut Andaman adalah wilayah yang menjadi perbatasan antara Indonesia dan Thailand.

5. Filipina


Laut di Filipina (Foto: Pixabay)

Perairan utara dan selatan Pulau Miangas menjadi salah satu wilayah yang berbatasan dengan Negara Filipina, daerah ini masuk wilayah Sulawesi Utara. Jarak Pulau Miangas dengan Kecamatan Nasuna -wilayah Indonesia terdekat- adalah 233 kilometer, sedangkan jarak Miangas ke wilayah Filipina hanya 77 kilometer.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: