Jenderal Ferdy Sambo Ternyata Anak Mayjen Pol (Purn) Pieter Sambo

Headline
Mayor Jenderal Pol Pieter Sambo. (Foto: Tempo)

Pantau – Perjalanan karir Irjen Ferdy Sambo kemungkinan kandas di usia 49 tahun sebagai prajurit Polri. Jenderal bintang dua ini berasal dari tanah Toraja Utara, Sulawesi Selatan merupakan anak dari Mayor Jenderal Pol Pieter Sambo.

Rupanya ia anak dari seorang ayah yang pernah berkarir sebagai Mayor Jenderal Pol Pieter Sambo yang sudah meninggal dunia sejak 2015. Sang ayah Jenderal Pieter Sambo juga seorang jenderal polisi yang memiliki jabatan mentereng pada masanya.

Jabatan terakhir Pieter Sambo adalah Kapolda Sumatera Utara pada tahun 1986. Ayah Ferdy Sambo tersebut tutup usia pada tahun 2015.

Sebelum menjabat Kapolda Sumatera Utara Pieter Sambo jabat Kapolda Irian Jaya yang kini dikenal Papua. Selain eksis di kepolisian, Pieter Sambo juga menjadi tokoh Pramuka nasional.

Karir Ferdy Sambo

Ferdy berkarir dari pangkat Prajurit hingga jadi jenderal bintang dua. Ferdy digadang-gadang menjadi kandidat menjadi the next Kapolri setelah Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Sambo, seorang polisi berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) kelahiran 9 Februari 1973 itu baru saja dimutasi ke Pati Yanma Polri atau Perwira Tinggi Pelayanan Markas Polisi Republik Indonesia dalam Telegram Kapolri bernomor: 1628/VIII/KEP/2022. yang diteken Kapolri, pada Kamis (04/8/2022.

Pati Yanma Polri Irjen Pol Ferdy Sambo diamankan di Mako Brimob, sejak Sabtu (06/8/2022) karena dianggap bisa mempengaruhi manuver penyelidikan Polri kasus pembunuhan Brigadir Joshua salah satu ajudan Sambo.

Ferdy Sambo memulai karirnya lulus akademi kepolisian tahun 1994. Dunia Polri sendiri bukan hal yang baru baginya, ayahnya Pither Sambo juga seorang Purnawirawan berpangkat Mayor Jenderal Polisi.

Karir Sambo Melejit di Jakarta Timur

Setelah lulus Akpol 1994 Sambo langsung menjabat Pamapta C Polres Metro Jakarta Timur pada tahun 1995, masih di tahun yang sama Sambo kemudian naik menjabat Kepala Unit Tim Anti Bandit Polres Metro Jakarta Timur.

Masih di wilayah Jakarta Timur, tahun 1997 Sambo kemudian naik menjabat Kepala Unit Resintel Polres Metro Pasar Rebo dan lalu pindah ke Cakung. Tahun 1999 Sambo kemudian menjabat Wakapolsek Metro Matraman.

Tahun 2001 jabatan naik ke Polres Metro Jakarta Timur menjabat Wakasat (Wakil Kepala Satuan) Reskrim. Dua tahun setelah itu, tahun 2003 jabatannya kembali naik menjadi Kasat (Kepala Satuan) Reskrim Polres Bogor Polda Jabar.

Sejak tahun 2001 karir Sambo tercatat ‘hilir mudik’ di jabatan Kepala tingkat Polres wilayah kelas kota atau provinsi.

2003, Kasat Reskrim Polres Bogor Polda Jabar, 2004, Kanit IV Satops I Dit Reskrim Polda Jabar, 2005, Kasubag Reskrim Polwil Bogor.

Setelah tahun 2005, lompatan karir Sambo akhirnya tiba di wilayah Metropolitan, DKI Jakarta tepatnya Polda Metro Jaya.

Setelah hilir mudik di jabatan kepala pangkat Polisi Perwira Pertama, kelas Kepala Satuan. Sambo kemudian bidik pangkat tertinggi selanjutnya Polisi Perwira Menengah, kelas Wakapolres-Kapolres.

Namun untuk punya jabatan di wilayah Metropolitan, Sambo harus mengawalinya dengan jabatan di daerah.

Wakil Kepala Polisi Resort (Wakapolres) Sumedang Polda Jabar pada tahun 2007.

Tahun 2008, Sambo menjabat Kasiaga Ops BiroOps Polda Metro Jaya.

Tahun 2009, Kasat V Ranmor Dit Reskrimum Polda Metro Jaya

2010, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat

Tahun 2012, Sambo menjabat Kapolres Purbalingga hanya satu tahun, seperti lompatan karir sebelumnya.

Tahun 2013, Kapolres Brebes Jawa Tengah

Tahun 2015, Sambo kembali ke Polda Metro jaya dengan pangkat Perwira Menengah dia mengawali karinya dengan jabatan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya. Saat itu, Sambo menjadi anak buah Krishna Murti, Dirreskrimum Polda Metro Jaya yang viral dengan slogan ‘Turn Back Crime’. Belakangan foto lama saat jadi anak buah Krishna Murti beredar di sosial media.

Tahun 2016, Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri. Masih di tahun yang sama Sambo naik menjabat Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Polri.

Sambo mencapai pangkat Perwira tinggi. Tahun 2018, menjabat Koorspripim Polri

Tahun 2019, Dirtipidum Bareskrim Polri

Tahun 2020, Kadiv Propam Polri

Tahun 2021, Ferdy Sambo pernah mendampingi Listyo Sigit saat mendaftar sebagai calon Kapolri.

Irjen Ferdy Sambo digantikan Irjen Syahar Diantono sebagai Kadivpropam Polri.

4 Agustus 2022, dia dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri karena kasus tewasnya Brigadir J di rumah dinasnya di Duren Tiga, Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni