Jerinx SID Bebas Hari Ini

Headline
Jerinx SID saat dijemput oleh keluarga di Lapas Kerobokan, Bali Selasa (8/06/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pengacara Jerinx. (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

Pantau – Musisi I Gede Aryastina alias Jerinx SID hari ini akan menghirup udara bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali.

Jerink terlibat kasus pengancaman dengan kekerasan terhadap pegiat media sosial Adam Deni Gearaka.

“Besok (Selasa, red) bebas,” kata Kelapas Kerobokan Fikri Jaya Soebing dalam pesan singkatnya Senin (1/8/2022) malam, Selasa (2/8/2022).

Fikri mengatakan Jerinx bisa bebas dari Lapas Kerobokan setelah mengajukan cuti bersyarat. Akan tetapi, dia tidak menjelaskan lebih jauh kapan yang bersangkutan mengajukan cuti bersyarat tersebut.

Jerinx menjalani pidana penjara setelah divonis satu tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat buntut kasus pengancaman dengan Adam Deni Gearaka. Jerinx dinyatakan melanggar Pasal 29 juncto Pasal 45 B Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Usai vonis, Jerinx kemudian ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta Pusat. Kemudian, Jerinx menjalani pemindahan pidananya ke Lapas Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali.

Alasan pemindahan Jerinx karena kondisi ibunya yang sudah tua dan sakit-sakitan, yang selama ini dirawat dan tinggal bersama Jerinx di Bali. Selain itu, saat pandemi COVID-19 ini, sang ibunda dapat menjenguk Jerinx dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Awal Mula Kasus Jerink

Perkara ini terkait dengan akun Instagram Jerinx yang hilang. Penabuh drum Superman Is Dead (SID) itu menghubungi Adam Deni melalui sambungan telepon karena mencurigai yang bersangkutan mempunyai andil atas akun Instagramnya yang hilang.

Kecurigaan itu dilatarbelakangi oleh sejumlah hal. Pertama, menurut Jerinx, beberapa saat sebelum akunnya hilang ia sempat beradu argumen dengan Adam di kolom komentar mengenai topik Covid-19.

Kedua, berdasarkan pengetahuannya, Jerinx menyebut Adam mempunyai kemampuan IT dan akses ke divisi siber penegak hukum.

Terlebih, Jerinx mendapat informasi bahwa Adam mempunyai rekam jejak digital yang tidak baik. Misal beberapa kali menjebak selebgram.

Atas dasar itu, ia melalui istrinya Nora Alexandra menelepon Adam untuk menanyakan hal tersebut. Dalam percakapan itu lah Jerinx disebut melakukan pengancaman dengan kekerasan. Rekaman percakapan yang diambil Adam menjadi barang bukti.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni