Johnny Plate Ajak Masyarakat Dukung Aturan PSE

Headline
Ilustrasi (Foto: Pixabay)Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau – Menteri Komunikasi dna Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak masyarakat mendukung aturan Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE).

Ia mengaku memperhatikan betul-betul aspirasi netizen. Johnny juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyalurkan pendapatnya.

“Kami, saya memperhatikan pendapat warganet dan saya berterima kasih kepada pendapat warganet sekaligus mengajak waeganet bersama-sama kita, masyarakat, para pengamat, NGO, dan media untuk mendorong agar penyelenggara sistem elektronik yang beroperasi di Indonesia melaksanakan kewajiban untuk mengikuti perundang-undangan di Indonesia,” ujarnya saat mendaftarkan Partai NasDem sebagai peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Senin (1/8/2022).

Politikus Partai NasDem ini menegaskan, sifat pendaftaran PSE ini bukan perizinan. PSE juga tidak terkait data pribadi pelanggan dari perusahaan tersebut.

“Pendaftaran ini tidak terkait dengan data pribadi pelanggan PSE namun yang berkaitan dengan data-data dasar dan contact person, alamat dan contact person dari PSE yang apabila di kemudian hari terjadi masalah, pemerintah dapat melaksanakan tugasnya untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak masyarakat melalui komunikasi, audit, dan kerja sama bersama-sama dengan penyelenggara sistem elektronik,” katanya.

Sebelumnya dikabarkan, netizen membanjiri hujatan di media sosial menyusul pemblokiran PayPal, Steam, hingga Epic Games lantaran bermasalah dalam pendaftaran PSE Lingkup Privat.

Menkominfo Johnny G Plate menyebut, Kemenkominfo memerhatikan aspirasi para warganet yang memprotes pemblokiran aplikasi layanan tersebut. Johnny mengaku telah menormalisasi terhadap sejumlah layanan.

“Tugas Kemenkominfo itu menegakkan aturan PSE yang tertuang dalam PP No 71/2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Pemenkominfo No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE)Lingkup Privat,” katanya.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino