Jokowi: Buya Syafii adalah Guru Bangsa dan Kader Terbaik Muhammadiyah

Headline
Presiden Joko Widodo melaksanakan salat jenazah atas wafatnya Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, pada Jumat, 27 Mei 2022. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.Presiden Joko Widodo melaksanakan salat jenazah atas wafatnya Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, pada Jumat, 27 Mei 2022. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Pantau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Ahmad Syafii Maarif adalah guru bangsa dan kader terbaik Muhammadiyah.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memimpin prosesi pelepasan jenazah mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu di Masjid Gede Kauman, Kota Yogyakarta, Jumat petang (27/5/2022).

Jenazah Buya Syafii akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Husnul Khatimah, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta.

“Pertama-tama, atas nama pribadi, atas nama bangsa, atas nama negara, saya menyampaikan ungkapan duka cita yang mendalam atas berpulangnya, atas wafatnya Buya Syafii Maarif,” ujar Jokowi.

“Buya Syafii Maarif adalah guru bangsa dan saya lihat beliau hidup dalam kesederhanaan. Kader terbaik Muhammadiyah yang selalu menyuarakan tentang keberagaman dan toleransi antarumat beragama,” katanya.

Jokowi kembali mengingat pesan dari Buya Syafii mengenai Pancasila. Dikatahui, Buya Syafii merupakan anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Beliau juga selalu menyampaikan pentingnya Pancasila bagi perekat bangsa,” ujar Jokowi.

“Kita semua adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali. Mari kita berdoa bersama, semoga almarhum Buya Syafii diberikan tempat terbaik di sisi-Nya, diampuni segala dosa-dosanya. Aamiin ya rabbal ‘alamin,” ucap Jokowi.

Buya Syafii Maarif meninggal dunia di usia 87 tahun pada Jumat, 27 Mei 2022, pukul 10.15 di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.

Ia sempat dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, karena mengalami serangan jantung ringan.

Kondisinya lalu membaik sehingga Buya Syafii diizinkan pulang ke rumah di akhir Maret 2022.

Pada tanggal 26 Maret 2022 Presiden Jokowi pun menjenguk Buya Syafii. Kala itu dan Haedar Nashir ikut mendampinginya. Namun, di pertengahan Mei 2022, Buya masuk kembali rumah sakit.

Jenazah Buya Syafii disemayamkan di Masjid Gede Kauman, Kota Yogyakarta.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan