Jokowi dan Maruf Amin Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana Merdeka

Headline
Tangkap layar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara "Zikir dan Doa Kebangsaan" 77 Tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka Jakarta pada Senin (01/08/2022). ANTARA/Desca Lidya Natalia.Tangkap layar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara "Zikir dan Doa Kebangsaan" 77 Tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka Jakarta pada Senin (01/08/2022). ANTARA/Desca Lidya Natalia.

Pantau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggelar “Zikir dan Doa Kebangsaan” 77 Tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin malam (1/8/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak masyarakat untuk bersyukur bahwa sampai saat ini masih bisa memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur pada malam hari ini kita bisa memperingati bulan kemerdekaan, memperingati 77 tahun Indonesia merdeka,” kata Presiden Jokowi.

Zikir kebangsaan merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

Ketua panitia Zikir dan Doa Kebangsaan yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB-MDHW) KH M Musthofa Aqil Siroj mengatakan, kemerdekaan RI yang ke-77 tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya karena Indonesia menjadi tuan rumah forum G20 sekaligus menjadi tahun kedua Indonesia menghadapi pandemi COVID-19.

“Namun di tengah keterpurukan, alhamdulillah semua elemen bangsa bergerak bersama, bergotong royong, saling memberikan uluran tangan, untuk bangkit mewujudkan harapan,” kata Musthofa Aqil Siroj.

Zikir dan Doa Kebangsaan di halaman Istana Merdeka ini dihadiri sekitar 100 tokoh yang terdiri dari para kiai, habaib, pejabat negara, tokoh berbagai ormas serta tokoh lintas agama. Selain itu, hadir juga 500 jamaah dan santri dari berbagai pondok pesantren di Indonesia.

Sejumlah pejabat yang hadir antara lain Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanahan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (Antara)

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Tim Pantau.com